Gedung Merah Putih KPK. Medcom.id/Candra Yuri Nuralam
Gedung Merah Putih KPK. Medcom.id/Candra Yuri Nuralam

KPK: Kebiasaan Hedon Awal Mula Korupsi

Candra Yuri Nuralam • 14 Agustus 2022 07:43
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta pejabat untuk menghindari sikap hedonisme. Sikap hedon diyakini sebagai cikal bakal korupsi.
 
"Kebiasaan bergaya hidup mewah atau hedon, banyaknya tuntutan dan dorongan pasangan terhadap jabatan, memanfaatkan jabatan pasangan atau aji mumpung, sehingga melakukan perbuatan korupsi," kata Direktur Pembinaan Peran Serta Masyarakat KPK Kumbul Kusdwijanto Sudjadi melalui keterangan tertulis, Minggu, 14 Agustus 2022.
 
KPK menegaskan tidak sedikit pejabat yang korupsi karena adanya kebutuhan kemewahan. Pejabat diminta berkaca dengan kasus korupsi terdahulu agar tidak terjebak dalam jurang hedonisme.
 

Baca juga: KPK Selamatkan Uang Negara Mencapai Rp26,16 Triliun


Keluarga pejabat juga diminta untuk menghindari sikap hedonisme. Bantuan itu dibutuhkan agar pejabat tidak menghalalkan segala cara untuk memenuhi permintaan hedon dari keluarga sehingga menjadi pencegahan terjadinya korupsi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Hal ini harus dilakukan langkah-langkah dan upaya pemecahannya sehingga tidak terulang dan tidak terus terjadi. Salah satunya melalui program Keluarga Berintegritas ini," ujar Kumbul.
 
KPK juga bakal membantu keluarga pejabat untuk menghindari sikap hedonisme. Pendidikan antikorupsi dibutuhkan agar pejabat dan keluarganya berintegritas tinggi saat bekerja dan menghindari sikap hedon yang cenderung menarik perilaku korupsi.
 
"KPK mendorong setiap keluarga mengimplementasikan nilai-nilai integritas di lingkungan keluarganya. Di mana, Pasangan suami-istri diharapkan mampu membangun hubungan harmonis, saling mendukung, memotivasi, dan saling mengingatkan sehingga tidak melanggar aturan yang ada," ucap Kumbul.
 
(END)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif