Gubernur nonaktif Papua Lukas Enembe. Foto: Medcom.id/Ahmad Mustaqim
Gubernur nonaktif Papua Lukas Enembe. Foto: Medcom.id/Ahmad Mustaqim

Tegas! KPK Minta Setop Tudingan Kriminalisasi Lukas Enembe

Fachri Audhia Hafiez • 01 Oktober 2022 08:35
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta sejumlah pihak menyetop tudingan terhadap tersangka kasus dugaan suap dan gratifikasi, Gubernur nonaktif Papua Lukas Enembe (LE). Tudingan 'sesat' itu dibunyikan diduga untuk mencegah Lukas diperiksa penyidik Lembaga Antikorupsi.
 
"Kami meminta kepada pihak tertentu untuk tidak memperkeruh dan memprovokasi masyarakat dengan narasi kriminalisasi dan juga politisasi dalam KPK menetapkan LE sebagai tersangka dalam perkara ini," kata juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri melalui keterangan tertulis, Sabtu, 1 Oktober 2022.
 
Tudingan kriminalisasi dan politisasi ini dinyatakan kubu Lukas. Kuasa hukumnya menyebut KPK kesulitan membuktikan adanya unsur kerugian negara yang dilakukan Lukas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami paham bahwa advokat adalah profesi yang mulia. Karena itu di dalam memberikan nasihat hukumnya haruslah sesuai dengan koridor dan ketentuan yang berlaku," ujar Ali.
 
Baca juga: Dinilai Lebih Galak Tangani Setnov Ketimbang Lukas Enembe, KPK: Ojo Dibangding-bandingke
 
KPK menyayangkan pihak yang beropini terhadap kasus yang menjerat Lukas. Padahal, kata Ali, KPK telah mengusut kasus dugaan rasuah itu sejak lama.
 
Ia berharap semua pihak kooperatif menghormati proses hukum yang tengah berjalan tersebut. Sekaligus dalam rangka menjaga situasi kondusif di Tanah Papua.
 
"Kami mengajak kita semua menjaga situasi kondusif keamanan kenyamanan dan kesejahteraan masyarakat Papua," ucap Ali.
 
(MBM)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif