Ilustrasi obat. Medcom.id
Ilustrasi obat. Medcom.id

Penimbunan Azithromycin di Jakbar Sejak Awal Juli 2021

Nasional Kenaikan PPh polri Virus Korona kemenkes pandemi covid-19 protokol kesehatan Satgas Covid-19 Obat Covid-19
Siti Yona Hukmana • 13 Juli 2021 10:55
Jakarta: Polisi terus menyelidiki kasus penimbunan azithromycin di kompleks pergudangan, Kalideres, Jakarta Barat, Senin malam, 12 Juli 2021. Pelaku diduga menimbun obat sejak awal Juli 2021.
 
"Jadi, barang-barang ini sebelum 5 Juli 2021 sudah sampai di sini (di gudang)," kata Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Ady Wibowo saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa, 13 Juli 2021.
 
Ady mengatakan seharusnya obat untuk penanganan pasien covid-19 itu segera didistribusikan. Namun, pemilik perusahaan yang tidak disebutkan namanya menahan-nahan agar obat tidak keluar.  

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Seperti yang saya sampaikan di awal ada indikasi mereka menghambat penyalurannya, disampaikan tidak ada (stok). Bahkan dari BPOM mengajak zoom meeting menanyakan (stok), yang bersangkutan menyatakan tidak ada," ungkap Ady.
 
(Baca: Menkes Minta Produsen Obat Penanganan Covid-19 Melepaskan Stoknya)
 
Pemilik perusahaan juga menaikkan harga azithromycin di atas harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), yakni Rp3.350 per tablet. Berdasarkan HET, harga azithromycin 500 mg sebesar Rp1.700 per tablet.
 
"Tentunya selama masa sulit ini, ini hal yang sangat krusial yang harus bisa kita luruskan, supaya masyarakat juga tidak merasa sangat kesulitan karena memang sangat dibutuhkan khususnya bagi penderita covid-19," ujar Ady.
 
Sebelumnya, Reserse Kriminal (Reskrim) Polres Metro Jakarta Barat menggerebek gudang di sebuah ruko, Jalan Peta Barat Ruko Peta Barat Indah III Blok C Nomor 8, Kalideres, Jakarta Barat, Senin malam, 12 Juli 2021. Gudang diduga dijadikan tempat penimbunan obat penanganan covid-19, azithromycin, serta obat lainnya, seperti paracetamol dan dexamethason.
 
Polisi menyita 730 boks azithromycin 500 miligram (mg). Dalam satu boks berisi 20 tablet.
 
Gudang telah disegel. Polisi memasang garis kuning untuk penyelidikan.
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif