Sidang gugatan MAKI pada KPK terkait kasus Century. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez
Sidang gugatan MAKI pada KPK terkait kasus Century. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez

Gugatan MAKI Terkait Kasus Century Disebut Keliru

Nasional kasus century
Fachri Audhia Hafiez • 17 September 2019 13:57
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membantah dalil gugatan Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI). MAKI menuding Lembaga Antirasuah tidak melanjutkan penanganan kasus Bank Century.
 
"Dalil pemohon tersebut adalah keliru, tidak benar, tidak beralasan, dan tidak berdasarkan hukum," kata kuasa hukum KPK, Firman Kusbianto, dalam persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jalan Ampera Raya, Selasa, 17 September 2019.
 
Firman menyebut penyidik terus melakukan penyidikan kasus korupsi tindak pidana pemberian Fasilitas Pendanaan Jangka Pendek (FPJP) kepada Bank Century. Penyidikan tak berhenti usai eks Deputi Gubernur Bank Indonesia Budi Mulya dipenjara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Di antaranya melakukan pemanggilan pada lebih dari 30 orang untuk dimintai keterangan," ujar Firman.
 
Dia mengingatkan KPK dalam melaksanakan tugas dan kewenangan bersifat independen dan bebas dari pengaruh kekuasaan mana pun. Firman menegaskan penanganan kasus sesuai Pasal 6 dan Pasal 11 Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK.
 
Sidang akan dilanjutkan dengan agenda pembuktian dari pemohon. Sidang rencananya digelar Rabu, 18 September 2019.
 
MAKI mengajukan gugatan praperadilan pada KPK. Komisi dinilai tidak menjalani putusan praperadilan terkait tindak lanjut penanganan kasus skandal Bank Century.
 
KPK dinilai belum melakukan penyidikan dan menetapkan tersangka pada mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) Boediono, mantan Deputi Gubernur BI Muliaman Darmansyah Hadad, dan mantan Sekretaris Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK), Raden Pardede.
 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif