KPK Resmikan Pusat Edukasi Antikorupsi
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo--Medcom.id/Juven Martua Sitompul.
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi membuka Anti Corruption Learning Center (ACLC) atau pusat edukasi antikorupsi. Diharapkan, edukasi ini melahirkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang antikorupsi dan sistem pencegahan antikorupsi yang baik dari sekarang.

"KPK memandang pengembangan SDM harus menjadi prioritas kita dan kalau kita bicara mengenai pengembangan SDM hari ini kita meresmikan secara sederhana pembangunan anti coruption learning center di gedung ini (KPK C-1)," kata Ketua KPK Agus Rahardjo di Gedung KPK C-1, Jakarta, Senin, 26 November 2018.

Menurut Agus, tempat edukasi ini juga nantinya akan menjadi tempat pelatihan internasional. Di mana sebagian besar negara lain misalnya Afghanistan, Mesir dan Myanmar ikut berpartisipasi dalam pelatihan tersebut.


"Mudah-mudahan pelatihan ini memberikan manfaat yang besar bukan hannya kepada kita atau yang ikut dalam pelatihan tapi kepada rakyat masing-masing karena bagaimanapun korupsi menghambat kesejahteraan rakyat," ujarnya.

Baca: 'Kuliah' di Akademi Antikorupsi Gratis

Pada kesempatan itu, Agus sempat bercerita awal berdirinya gedung KPK C-1 atau KPK lama hingga pasang surut pemberantasan korupsi. Ada banyak perjuangan yang dilalui pimpinan dan karyawan sebelumnya untuk menjaga dan mempertahankan marwah KPK.

"Gedung ini diwarisi dari pemerintah hasil krisis 1998, gedung bank pangan sejahtera diberikan ke KPK dalam waktu yang sama banyak perjuangan di gedung ini, jadi perjuangan pasang surut KPK banyak terjadi di gedung ini," ucap dia.

Tak hanya tempat edukasi, Agus berharap gedung itu juga menjadi lokasi pelatihan bersama antara lembaga penegak hukum lainnya. Sehingga, kata dia, semua lembaga penegak hukum di Tanah Air bisa bersama-sama mencegah terjadinya tindak pidana korupsi.

"Bisa saja latihan penyelidikan penyidikan gabungan dengan polri atau kejaksaan atau money laundering dengan PPATK," kata Agus.

Peresmian gedung ditandai dengan pengguntingan pita dan pembukaan tirai gedung. "Dengan mengucapkan bismillahirrohmanirrohim soft launching gedung ACLC resmi dibuka," pungkas Agus.



(YDH)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id