Baiq Nuril Bakal Ajukan PK
Kuasa hukum Baiq Nuril, Aziz Fauzi. Medcom.id/ Kautsar W P
Jakarta: Kuasa hukum Baiq Nuril, Aziz Fauzi akan mengajukan peninjauan kembali (PK) terhadap putusan kasasi Mahkamah Agung (Agung). Kliennya didakwa bersalah melanggar undang-undang ITE pasal 27 ayat 1.

Namun Aziz menjelaskan dalam pengajuan PK tersebut terkendala dengan berkas utama putusan kasasi yang belum diterima. Padahal bukti kasasi menjadi salah satu unsur untuk mengajukan PK.

"Jadi yang yang diterima oleh tim kami sampai saat ini baru petikan hukum dari pengadilan hukum Mataram ," ujarnya di Konferensi Pers di LBH Pers, Jakarta Selatan, Jumat, 16 November 2018.


Meski demikian pihaknya menyakini jika PK diajukan kepada majelis hakim akan diterima. Pasalnya terdapat bukti-bukti yang dapat membuktikan bahwa kliennya tidak terbukti bersalah.

"Klien kami tidak terbukti mendistribusi, mentransmisikan, atau dapat mengakses secara elektronik.Tapi klien hanya terbukti memberikan handphone kepada rekannya ," tutur dia.

Sedangkan dalam UU ITE tidak mengatur kasus hukum yang dilakukan secara konvensional, melainkan harus adanya transaksi bersifat elektronik. Seperti terdapat dua perangkat yang digunakan untuk mengirim data hingga memastikan data tersebut telah berhasil dikirim.

Sehingga, langkah terdekat yakni meminta kepada jaksa agung untuk menunda pelaksanaan ekseskusi. Permintaan penundaan dilakukan sembari menunggu mengajukan PK.

"Putusan ini baru kami terima dalam satu minggu ini lah, kami tidak tahu apakah putusan ini sudah keluar dan putusan itu kami anggap gaib, jadi eksekusi belum dijalankan," jelas dia.

Sebelumya, pengadilan Negri Tinggi kota Mataram telah memvonis Nuril tidak bersalah dari tuduhan pelaku. Namun MA ternyata mengabulkan kasasi jaksa penuntut umum (JPU). Nuril divonis enam bulan penjara dengan denda Rp500 juta pada Senin 11 November 2018. 

Untuk diketahui Baiq Nuril merupakan mantan pegawai honorer di salah satu Sekolah Menengah Atas (SMA) 7 Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB). Ia dituduh menyebarluaskan rekaman asusila yang dilakukan Kepala Sekolah SMA tersebut kepada dirinya.



(SCI)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id