Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

3 Pelaku Begal terhadap TNI di Jaksel Masih di Bawah Umur

Nasional pencurian begal Penegakan Hukum Polda Metro Jaya
Putri Anisa Yuliani • 10 Mei 2022 17:42
Jakarta: Polisi menangkap sembilan diduga pelaku begal terhadap dua anggota TNI dari satuan Kodam Jaya. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan mengatakan seluruh pelaku ditangkap dalam sehari.
 
"Dari sembilan orang tersebut, enam orang dewasa dan tiga anak di bawah umur," terang Zulpan," kata Zulpan, Selasa, 10 Mei 2022.
 
Korbannya yaitu anggota TNI ialah Junior Noval dan I Adrian Sapta. Keduanya prajurit TNI anggota Yon Arhanud 10 Kodam Jaya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Upaya pencurian dengan kekerasan itu tersebut terjadi di Jalan Bumi di depan SMPN 29 Jakarta Selatan, pukul 05.00 WIB, Sabtu, 7 Mei 2022. Ketika itu, dua anggota TNI baru pulang dari Pasar Kebayoran Lama dan dibegal oleh sembilan orang.
 
Namun, satu begal terjatuh karena anggota TNI yang berboncengan dengan sepeda motor tersebut melawan dengan menendang sepeda motor pelaku. Satu pelaku tersebut berinisial MRH, 20, ditangkap.
 
Baca: 8 Pelaku Begal Anggota TNI di Kebayoran Baru Ditangkap
 
MRH berperan sebagai eksekutor. Hasil interogasi terhadap MRH, polisi kemudian menangkap MRM, 19, MB, 16, AM, 19, dan MAH, 15. Keempatnya berperan mengelilingi korban untuk melakukan percobaan pencurian.
 
Kemudian, polisi menangkap RM, 24, dan FR, 17, yang berperan sebagai pengendara motor yang membonceng tersangka lain. Terakhir, pelaku TP, 21, sempat berupaya melempar korban dengan satu buah batu.
 
"Para pelaku yang ditetapkan tersangka dalam kasus ini ada sembilan orang," ujar dia.
 
Modus pelaku yakni dengan berkeliling di jalan raya dan saat menemukan pengendara yang bisa dijadikan target di lokasi yang sepi, para pelaku akan mengelilingi korban. Pelaku mengawali aksinya dengan berpura-pura meminta rokok atau langsung memepet korban.
 
Barang bukti yang disita yaitu empat unit sepeda motor pelaku, lima unit telepon genggam, dan satu buah batu konblok. Kemudian, satu unit motor matic milik korban, dan beberapa pakaian yang dipakai pelaku saat kejadian.
 
Para pelaku dijerat Pasal 53 KUHP juncto pasal 365 KUHP dengan ancaman pidana 9 tahun penjara.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif