Ketua KPK Firli Bahuri/MI/Susanto
Ketua KPK Firli Bahuri/MI/Susanto

Firli Bahuri Minta Media Dukung Dua Program Unggulan KPK pada 2022

Nasional KPK kasus korupsi Jurnalis Pemberantasan Korupsi Firli Bahuri
Antara • 11 Mei 2022 01:33
Jakarta: Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri meminta dukungan media untuk andil dalam dua program unggulan lembaganya pada 2022. Kedua program itu, yakni Survei Penilaian Integritas (SPI) dan Politik Cerdas Berintegritas (PCB).
 
"Tidak hanya media nasional, kami juga mengajak seluruh awak media di daerah untuk bersama-sama mendukung program SPI dan PCB agar terlaksana dengan baik," kata Firli melalui keterangan tertulis, Jakarta, Selasa, 10 Mei 2022.
 
KPK menggelar kegiatan temu media bersama para jurnalis yang bertugas di KPK. Kegiatan itu dihadiri pimpinan KPK lainnya, Nurul Ghufron dan Lili Pintauli Siregar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Temu media yang digelar di pelataran taman lantai tiga Gedung Merah Putih KPK itu diselenggarakan dalam rangka silaturahim Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriah. Firli menjelaskan SPI merupakan salah satu program penting KPK karena diamanatkan dalam RPJMN. SPI untuk mengukur perilaku antikorupsi berdasarkan pengalaman, apa yang dilihat, dan apa yang dilakukan.
 
Pada 2022, SPI akan mengukur tingkat atau risiko korupsi pada 98 kementerian/lembaga, 34 pemerintah provinsi, dan 508 pemerintah kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Melalui SPI diharapkan bisa memetakan risiko korupsi pada masing-masing kementerian/lembaga/pemerintah daerah.
 
"Kami berharap seluruh kementerian dan lembaga bisa mencapai angka sampai 100. Maknanya, jika penilaian sampai 100 maka kami sangat yakin bahwa korupsi tidak ada dan memang seharusnya begitu. Ini yang menjadi cita-cita dan misi KPK suatu saat korupsi tidak ada lagi di Indonesia," ujarnya.
 
Firli juga meminta peran media untuk menyosialisasikan dan mendukung program PCB terpadu 2022. Program yang dimulai pada 18 Mei 2022 akan diikuti perwakilan 20 partai politik di Indonesia dengan poin utama untuk menjaga nilai-nilai integritas partai politik demi menjadikan Indonesia negara bebas korupsi.
 
Sebagaimana amanat UUD 1945, kata dia, dijelaskan kedudukan parpol sangat strategis untuk mengusung pasangan calon dalam pemilihan presiden, wakil presiden, anggota DPR, dan anggota DPRD.
 
"Melihat kedudukan tersebut, jelas bahwa parpol merupakan garda pertama dalam menyaring putra-putri terbaik bangsa untuk menjadi wakil rakyat. Tentunya untuk mendapatkan pemimpin terbaik harus juga dipastikan bahwa integritas pemimpin tersebut dengan baik dan terpenting jauh dari praktik-praktik korupsi," kata Firli.
 
 
Halaman Selanjutnya
Data KPK per April 2022…
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif