Gedung KPK. Foto: Medcom.id/Candra Yuri Nuralam
Gedung KPK. Foto: Medcom.id/Candra Yuri Nuralam

KPK Gandeng PBNU Rancang Konsep Pemberantasan Korupsi

Nasional KPK kasus korupsi PBNU Pemberantasan Korupsi
Candra Yuri Nuralam • 20 April 2022 03:02
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggandeng Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) bakal merancang konsep pemberantasan rasuah bersama. Keduanya sudah meneken kerja sama untuk membuat konsep itu.
 
"Hari ini penting dalam perjalanan sejarah Indonesia, di mana KPK menggandeng PBNU untuk merencanakan ide bersama dalam pemberantasan korupsi," kata Ketua KPK Firli Bahuri di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Selasa, 19 April 2022.
 
Kerja sama ini juga diyakini menguatkan upaya pemberantasan korupsi di Indonesia. KPK yakin tenaganya bakal bertambah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pasukan antikorupsi kini bertambah dengan ditandatanganinya nota kesepahaman ini," ujar Firli.
 
Baca: Ini Faktor Penyebab Terjadinya Korupsi Menurut Firli Bahuri
 
KPK juga bakal membuat program pendidikan antikorupsi bersama dengan PBNU. Pendidikan itu diharap bisa membangun bangsa yang religius dan berintegritas untuk memberantas sikap koruptif yang saat ini sudah menjamur di masyarakat.
 
"KPK dan PBNU ini telah banyak melakukan kerja sama, dari kegiatan training of trainer (TOT) ulama PBNU yang bertujuan untuk mendorong penerapan nilai-nilai antikorupsi di pesantren, hingga pembuatan buku khotbah antikorupsi," tutur Firli.
 
Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf menyambut baik kerja sama kelompoknya dengan KPK. Dia yakin PBNU bisa membantu KPK memberantas korupsi ke depannya.
 
"Korupsi itu virus kezaliman di dalam negara. Sudah banyak sejarah peradaban negeri, dimana sistem masyarakatnya runtuh karena kezaliman. Ancaman untuk sistem yang zalim dampaknya luar biasa yaitu kehancuran," tutur Yahya.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif