JPU mendakwa keempat pegawai lalai dalam bertugas hingga menyebabkan terjadinya kebakaran di Blok C Lapas Kelas I Tangerang pada 8 September 2021. Metro TV
JPU mendakwa keempat pegawai lalai dalam bertugas hingga menyebabkan terjadinya kebakaran di Blok C Lapas Kelas I Tangerang pada 8 September 2021. Metro TV

Headline News

Jaksa Sebut 4 Terdakwa Kebakaran Lapas Tangerang Lalai Saat Bertugas

MetroTV • 25 Januari 2022 23:01
Jakarta: Setelah sempat ditunda, sidang perdana perkara kebakaran Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Tangerang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Tangerang, Selasa, 25 Januari 2022.  Sidang hari ini beragenda pembacaan dakwaan dari Jaksa Penuntut Umum (JPU) dalam insiden yang menewaskan sebanyak 49 narapidana tewas tersebut.
 
Keempatnya terancam hukuman penjara maksimal 5 tahun. Suparto, Rusmanto, dan Yoga Wido Nugroho didakwa dengan Pasal 359 KUHP tentang kelalaian yang menyebabkan orang lain meninggal dunia.
 
Sementara itu, Panahatan Butar Butar didakwa Pasal 188 KUHP mengenai kesalahan (kealpaan) hingga menyebabkan kebakaran. JPU mendakwa keempat pegawai lalai dalam bertugas hingga menyebabkan terjadinya kebakaran di Blok C Lapas Kelas I Tangerang pada 8 September 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Atas dakwaan yang dinyatakan, para terdakwa tidak mengajukan eksepsi. Melalui kuasa hukum, langkah tersebut diambil dalam rangka mendukung proses persidangan yang cepat.
 
“Dari pemeriksaan oleh pihak penyidik sampai jaksa penuntut mengajukan dakwaan, semuanya sudah terpenuhi sebagaimana yang diatur di dalam KUHAP,” kata kuasa hukum terdakwa, Firmauli Silalahi, dilansir dari tayangan Headline News di Metro TV, Selasa, 25 Januari 2022. (Kaylina Ivani)
 
(SUR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif