Ilustrasi Gedung KPK. Foto: MI/Rommy Pujianto
Ilustrasi Gedung KPK. Foto: MI/Rommy Pujianto

Pengamat: Rekam Jejak Capim KPK Adalah Kunci

Nasional pansel kpk seleksi pimpinan kpk
M Sholahadhin Azhar • 06 Agustus 2019 23:29
Jakarta: Seleksi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi harus mengutamakan integritas. Panitia seleksi harus menggandeng pihak yang kompeten untuk memastikan hal itu.
 
"Saya berharap Pansel bisa menggali dan memanfaatkan profil mereka melalui pelacakan rekam jejak, baik oleh lembaga negara, seperti KPK maupun yang dilakukan masyarakat," kata Sekretaris Jenderal Transparency International Indonesia (TII) Dadang Trisasongko kepada Medcom.id, Selasa, 6 Juli 2019.
 
Menurutnya, rekam jejak merupakan unsur yang sangat penting untuk memimpin KPK. Ada dua hal yang jadi pertimbangan, pertama, untuk memastikan pihak yang memimpin lembaga antirasuah, betul-betul berintegritas. Kedua, untuk mencegah konflik kepentingan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dengan adanya data hasil pelacakan itu, keraguan publik terkait potensi konflik kepentingan bisa dibuktikan," kata dia.
 
Selain itu, pansel juga dituntut mengoptimalkan proses seleksi. Dadang meminta panitia profesional, tak berpihak dan mengedepankan kepentingan pemberantasan korupsi. Tak terbayang jika dalam seleksi panitia condong ke kepentingan golongan tertentu.
 
"Maka harus transparan dan tidak memprioritaskan capim dari latar belakang tertentu," kata dia.
 
Baca:Pansel Diminta Buka Partisipasi Publik
 
Lebih lanjut Dadang mengkritisi bagaimana tes psikologi terakhir yang meloloskan 40 peserta. Dia menyebut ujian itu belum bisa menyaring calon berdasarkan integritasnya.
 
"Bagi capim yang terbiasa mengikuti tes serupa, akan mudah lolos dari proses piskotest itu," ujar Dadang.
 
(DMR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif