Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo. (Medcom.id/Sunnaholomi Halakrispen)
Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo. (Medcom.id/Sunnaholomi Halakrispen)

Kasus Habib Bahar Segera Ditangani Kejaksaan

Nasional penghinaan lambang negara
Dian Ihsan Siregar • 11 Desember 2018 12:56
Jakarta: Polri tengah merampungkan perkara dugaan penghinaan terhadap presiden yang dilontarkan Bahar bin Smith. Dalam waktu dekat berkas perkara Bahar akan dilimpahkan ke kejaksaan.
 
"Apabila sudah diselesaikan, minggu ini akan dilimpahkan ke kejaksaan," kata Karo Penmas Mabes Polri Brigjen Dedi Prasetyo saat dikonfirmasi wartawan, Jakarta, Selasa, 11 Desember 2018.
 
Polri belum berencana memeriksa kembali Bahar yang kini statusnya sebagai tersangka. Keterangan dari Bahar dianggap cukup oleh penyidik. Namun, penyidik bisa saja memanggil kembali Bahar maupun saksi-saksi lain bila dibutuhkan untuk menjalani pemeriksaan lanjutan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Targetnya secepatnya berkas perkara selesai dan dilimpahkan," ucap Dedi.
 
Baca: Habib Bahar Dilaporkan ke Polda Metro
 
Bahar bin Smith ditetapkan sebagai tersangka dalam perkara penghinaan kepada Presiden Joko Widodo. Status tersangka itu ditetapkan usai pendiri Majelis Pembela Rasulullah itu diperiksa sejak Kamis, 6 Desember 2018 pagi.
 
"Hasilnya beliau ditetapkan tersangka," ujar Kuasa hukum Bahar bin Smith, Aziz Yanuar.
 
Meski telah menyandang status tersangka, menurut Aziz, kliennya belum ditahan. Pihaknya pun masih akan berdiskusi ihwal penetapan status tersangka Bahar bin Smith.
 
Aziz juga belum tahu apakah Bahar bin Smith bakal menempuh langkah praperadilan. Hal tersebut masih akan didiskusikan terlebih dahulu.
 
"Belum didiskusikan," kata Aziz.
 
Bahar tak ditahan dan boleh pulang kembali ke tempat kediamannya. "Penyidik mempertimbangkan tidak ditahan, karena paling utama Bahar bin Smith dipastikan tidak akan melarikan diri," ungkap ‎Kabag Penum Polri Kombes Syahar Diantono.
 
Poin kedua, Bahar mengaku tidak akan mengulangi perbuatannya yang sempat mengatakan ujaran kebencian. Lalu, penyidik yakin Bahar akan bersikap secara kooperatif dan tidak menghilangkan barang bukti yang ada.
 
"Penyidik menyakini Bahar bin Smith akan kooperatif, makanya tidak dilakukan upaya penahanan. Namun, proses penyidikan tetap akan berlanjut," jelas dia.
 

(YDH)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif