Habib Bahar Dilaporkan ke Polda Metro
Ilustrasi Gedung Polda Metro Jaya--Medcom.id/Deny Irwanto.
Jakarta: Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Jokowi Mania (Jo-Man) Jakarta melaporkan Habib Bahar Bin Ali Bin Smith atas kasus dugaan penghinaan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi). Penghinaan diduga dilakukan saat Habib Bahar Bin Ali Bin Smith berceramah.

"Hari ini kami melaporkan Habib Bahar Bin Smith atas kasus ujaran kebencian melalui video ceramah pada tanggal 17 November 2018 dalam acara Maulid Nabi itu di Daruslam Satu Batu Ceper Tangerang," ucap Ketua DPD Jo-Man DKI Jakarta, Rahmat ditemui di Polda Metro Jaya, Rabu, 28 November 2018.

Dia menyebutkan, pada video berdurasi satu menit, Habib Bahar Bin Smith selalu menghina dan melecehkan Presiden Jokowi. Apalagi, ujaran kebencian itu sangat tidak pantas diungkapkan ke masyarakat luas.


"Dengan melihat video sudah kita dapat buktinya. Makanya kita laporkan hari ini bersama barang bukti yang ada, yakni video selama 60 detik yang kita simpan di flashdisk yang kita bawa ini," ungkap dia.

Baca: Pasal Penghinaan Presiden Dinilai Bentuk Perlindungan Kewibawaan

Video penghinaan itu, bilang dia, didapatkan dirinya dari pesan berantai whatsapp. Video itu juga sudah tersebar banyak di akun media sosial youtube.

"Kebetulan ada yang share di group, ada juga dapat dari youtube. Dari situ kita peroleh bukti yang bisa kita dapatkan dengan baik," ucapnya.

Dia menambahkan, ceramah yang sudah di luar batas sangat tidak wajar dilakukan oleh orang yang ilmunya sudah tinggi mengerti agama. "Maka dari itu, saya harap laporan ini secepat mungkin, agar Habib Bahar bisa diproses dan dipanggil kepolisian. Kurang logis ceramahnya karena dia adalah dai," pungkas dia.



(YDH)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id