Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy (mengenakan masker dan bertopi), digiring petugas saat tiba di Gedung KPK Merah Putih, Jakarta. (Foto: ANTARA/Reno Esnir)
Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy (mengenakan masker dan bertopi), digiring petugas saat tiba di Gedung KPK Merah Putih, Jakarta. (Foto: ANTARA/Reno Esnir)

KPK Cari Bukti di Ruang Kerja Menteri Lukman

Nasional OTT KPK OTT Romahurmuziy
Juven Martua Sitompul • 16 Maret 2019 10:32
Jakarta: Sejumlah ruangan di Kementerian Agama (Kemenag) disegel penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Penyegelan dilakukan usai KPK membongkar praktik jual beli jabatan di Kementerian tersebut.
 
Ada dua ruangan yang disegel KPK. Dua ruangan itu adalah ruang kerja Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan Sekjen Kemenag M Nur Kholis Setiawan. Penyidik perlu mencari bukti-bukti dari kedua ruangan tersebut.
 
"Pokok perkaranya ini kan terkait dengan pengisian jabatan, jadi ada beberapa bukti-bukti yang perlu dilakukan pencarian di kantor Kementerian Agama," kata juru bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Jakarta, Sabtu, 16 Maret 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ketua Umum PPP Romahurmuziy (Romi) ditangkap KPK bersama empat orang lainnya yang terdiri dari sejumlah unsur, salah satunya pejabat Kemenag di Jawa Timur. Kelimanya diduga kuat tengah melakukan praktik kotor terkait juat beli jabatan di Kemenag.
 
Baca juga: KPK Segel Ruang Kerja Menteri Lukman
 
Dalam kasus ini, Romi diduga melakukan cawe-cawe untuk urusan jabatan di Kemenag Daerah di termasuk di Kemenag pusat. Selain menangkap kelimanya, tim KPK juga mengamankan sejumlah uang dengan pecahan seratus ribu rupiah.
 
Uang itu diduga bagian suap atau fee atas pengaturan jabatan tersebut. Saat ini, mereka yang ditangkap sudah berada di Jakarta untuk menjalani pemeriksaan lanjutan di gedung KPK.
 
KPK memiliki waktu 1x24 jam untuk menentukan status hukum dari Romi dan keempat orang tersebut. Detail ihwal kasus ini akan diumumkan pimpinan KPK dalam konferensi pers yang bakal digelar hari ini atau besok.
 
Sementara itu keluarga Romahurmuziy di Sleman, Yogyakarta, mengaku kaget dengan penangkapan Romi.Nisrinun Ni'mah sang kakak menyebut Romi terdidik dengan baik, apalagi keluarga masih berada dalam lingkup pesantren.
 
"Keluarga di rumah yang membentuk mas Romi dan putra-putri dengan kesederhanaan dan kejujuran. Keluarga selalu memberikan dukungan," ujarnya di kediaman Dusun Tempelsari, Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat, 15 Maret 2019.
 
Baca juga:
Romahurmuziy Terlibat Jual Beli Jabatan di Kemenag
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif