Jubir KY Miko Ginting - MI/M Irfan
Jubir KY Miko Ginting - MI/M Irfan

KY Kumpulkan Informasi Kaji Putusan Ringan Edhy Prabowo

Indriyani Astuti • 12 Maret 2022 13:36
Jakarta: Komisi Yudisial (KY) akan mengumpulkan informasi dan mengkaji putusan kasasi mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo dalam kasus suap ekspor benih lobster. Hukuman Edhy dikurangi dari 9 tahun pidana penjara dan pencabutan hak politik selama 3 tahun menjadi 5 tahun penjara dan pencabutan hak politik selama 2 tahun.
 
Vonis yang dibuat hakim ketua, Sofyan Sitompul, serta hakim anggota, Gazalba Saleh dan Sinintha Yuliansih Sibarani itu lebih ringan daripada putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta.
 
"KY sedang mengumpulkan informasi yang lebih lengkap, terutama melalui salinan putusan lengkap yang sampai hari ini belum diperoleh," ujar juru bicara Komisi Yudisial (KY) Miko Ginting ketika dihubungi, Jumat, 11 Maret 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Miko mengatakan KY masih menunggu salinan lengkap putusan Mahkamah Agung (MA). Dia menegaskan KY bisa menindaklanjuti apabila ada dugaan pelanggaran kode etik yang dilakukan hakim.
 
"Yang pasti koridor kewenangan KY adalah dalam hal menjaga dan menegakkan kode etik dan pedoman perilaku hakim. Sepanjang ditemukan dugaan pelanggaran perilaku, KY bisa menindaklanjuti," tegas Miko.
 
Miko mengatakan KY tidak hanya menunggu laporan dari masyarakat. Menurut Miko, KY juga mempunyai kewenangan menganalisis putusan hakim yang telah berkekuatan hukum tetap.
 
"Tetap bisa dengan laporan atau inisiatif sendiri. Sifatnya saling melengkapi dalam rangka pengumpulan informasi," tutur Miko.
 
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif