Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo. Medcom.id/Siti Yona Hukmana
Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo. Medcom.id/Siti Yona Hukmana

Listyo Sosok Reformis, Profesional, dan Berdedikasi pada Keadilan Rakyat

Nasional kpk polri Calon Kapolri
Candra Yuri Nuralam • 14 Januari 2021 13:28
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menilai Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri Komisaris Jenderal (Komjen) Listyo Sigit Prabowo sosok yang tepat menjadi Kapolri. Listyo diyakini adil terhadap rakyat.
 
"Secara pribadi saya percaya beliau pribadi yang reformis, profesional, dan berdedikasi pada keadilan rakyat," kata Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron melalui keterangan tertulis, Kamis, 14 Januari 2021.
 
Ghufron yakin Listyo tidak akan memihak kelompok tertentu dalam melakukan tindakan saat menjadi Kapolri. Listyo juga dinilai mengesampingkan perbedaan agama dalam melakukan tindakan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini merupakan preseden bahwa di hadapan hukum dan negara setiap warga negara memiliki hak dan kesempatan yang sama tanpa membedakan agama," ujar Ghufron.
 
Listyo diharap bisa memperkuat Korps Bhayangkara sebagai pilar penegak hukum. Sila kelima Pancasila diharap dikukuhkan dalam seluruh kebijakan dan tindakan Listyo saat jadi kapolri.
 
"Bangsa kita sudah lama merindukan Polri yang mampu mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia sebagaimana cita-cita pendiri bangsa," ucap Ghufron.
 
Baca: Karier Cemerlang, Komjen Listyo Dinilai Mumpuni Jadi Kapolri
 
Sebelumnya, DPR menerima Surat Presiden (Surpres) tentang nama calon Kapolri. Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo diusulkan sebagai pengganti Kapolri Jenderal Idham Azis.
 
Surpres bernomor: R-02/Pres/01/2021 tersebut disampaikan Menteri Sekretaris Negara Pratikno. Surpres diterima Ketua DPR Puan Maharani yang didampingi Wakil Ketua DPR, yakni Sufmi Dasco Ahmad, Rachmat Gobel, dan Aziz Syamsudin.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif