Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo. Medcom.id/Siti Yona Hukmana
Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo. Medcom.id/Siti Yona Hukmana

Karier Cemerlang, Komjen Listyo Dinilai Mumpuni Jadi Kapolri

Nasional polri Calon Kapolri DPR RI
Theofilus Ifan Sucipto • 14 Januari 2021 11:11
Jakarta: Calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo dinilai memiliki karier yang cemerlang. Listyo juga disebut terampil membangun koneksi dan berkomunikasi.
 
"Komjen Listyo Sigit Prabowo relatif memiliki karier yang cemerlang," kata anggota Komisi III DPR, Eva Yuliana, dalam keterangan tertulis, Kamis, 14 Januari 2021.
 
Eva mengatakan sosok Listyo tidak asing bagi Presiden Joko Widodo. Keduanya telah bekerja sama saat Jokowi menjadi Wali Kota Surakarta dan Listyo menjadi Kapolresta Surakarta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Hal itu bisa menjadi kekuatan sekaligus keunggulan tersendiri bagi Komjen Listyo Sigit dalam memimpin Korps Bhayangkara ke depan nanti," ujar politikus Partai NasDem itu.
 
Eva mencatat Listyo menempati posisi strategis selama berkarier. Lulusan Akademi Polisi (Akpol) 1991 itu pernah bertugas sebagai Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sulawesi Tenggara pada 2013. Setahun kemudian, Listyo dimandatkan sebagai ajudan Jokowi setelah menang Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden 2014.
 
Karier Listyo terus meroket dengan jabatan sebagai Kapolda Banten pada 2016. Kemudian menjabat sebagai Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Mabes Polri 2018 dan posisi teranyar sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Mabes Polri.
 
"Kemampuan komunikasi dan keterampilan membangun sinergi juga menjadi modal penting bagi Komjen Listyo," kata Eva.
 
Baca: Calon Kapolri Listyo Sigit Minta Didoakan Fit and Proper Test Lancar
 
Eva yakin kemampuan, prestasi, dan pengalaman Listyo mumpuni untuk menggantikan Kapolri Jenderal Idham Azis. Namun Listyo diimbau tetap rendah hati dan fokus membenahi Korps Bhayangkara.
 
"Karena beragam bentuk kejahatan sering kali muncul tanpa referensi penanganan sebelumnya," ucap dia.
 
Prioritas kerja Listyo, yakni menangani kejahatan siber dan tindak pidana peredaran narkoba. Perkembangan teknologi membuat kejahatan bisa dilakukan dengan berbagai cara.
 
"Insyaallah jabatan baru Komjen Listyo Sigit sebagai Kapolri betul-betul amanah dan menjadi berkah untuk kita semua," kata Eva.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif