Ilustrasi TNI. ANT/Mumahammad Adimaja
Ilustrasi TNI. ANT/Mumahammad Adimaja

TNI Dinilai Perlu Tangani Pandemi Covid-19 untuk Ketahanan Negara

Nasional tni Virus Korona
Theofilus Ifan Sucipto • 05 Oktober 2020 08:23
Jakarta: Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) menilai TNI bisa dilibatkan dalam menangani dampak pandemi covid-19 (korona). Pelibatan TNI berhubungan dengan ketahanan negara.
 
“Peran TNI tak bisa dipisahkan karena pandemi covid-19 dan resesi ekonomi 2020 tidak boleh mengganggu ketahanan dan stabilitas nasional,” kata Bamsoet dalam keterangan tertulis, Senin, 5 Oktober 2020.
 
Bamsoet menuturkan kasus covid-19 masih bertambah ribuan setiap hari. Sehingga dibutuhkan penanganan cepat dan kerja sama semua pihak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Sebagai salah satu unsur kekuatan bangsa, TNI wajib tampil dan mengambil bagian dalam keseluruhan proses,” ujar politikus Golkar itu.
 
Bamsoet berharap TNI terus mendukung upaya pemerintah memerangi covid-19. Salah satunya mendorong masyarakat mematuhi protokol kesehatan.
 
(Baca: TNI Dinilai Terlalu Terlibat dalam Penanganan Covid-19)
 
“Sehingga target menurunkan jumlah kasus covid-19 terwujud dan mengakselerasi pemulihan ekonomi,” tutur dia.
 
Komisi untuk Orang Hilang dan Tindak Kekerasan (KontraS) menyebut TNI terlalu terlibat dalam penanganan covid-19. Padahal, mengatasi penyebaran covid-19 bukan tugas institusi yang bertanggung jawab atas kedaulatan Indonesia.
 
"(Keterlibatan TNI) ada patroli kesehatan, penyemprotan disinfektan di lokasi publik, sidak pasar terkait harga sembako, diwacanakan menjemput pasien covid-19, mencari pasien covid-19 yang kabur dan lainnya," ujar Wakil Koordinator KontraS bidang Riset dan Mobilisasi, Rivanlee Anandar, dalam konferensi pers, Minggu, 4 Oktober 2020.
 
TNI juga terlibat dalam penelitian vaksin covid-19 bersama Universitas Airlangga. Sedangkan, kompetensi utama TNI ialah perihal pertahanan bukan penanganan pandemi.
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif