Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Terdakwa Pelanggaran HAM Berat Paniai Divonis Hari Ini

Tri Subarkah • 08 Desember 2022 05:50
Jakarta: Majelis hakim Pengadilan Hak Asasi Manusia (HAM) pada Pengadilan Negeri (PN) Kelas 1A Makassar akan membacakan putusan terhadap Mayor Inf (Purn) Isak Sattu, Kamis, 8 Desember 2022. Isak merupakan terdakwa tunggal dalam perkara pelanggaran HAM berat pada Peristiwa Paniai 2014.
 
"Agenda pembacaan putusan pukul 10.00 (WITA) sampai dengan selesai," demikian informasi yang dilansir dari laman Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) PN Makassar, Kamis, 8 Desember 2022.
 
Agenda pembacaan putusan itu digelar di Ruang Prof Dr Bagir Manan SH MCL. Sidang Paniai telah dimulai sejak Rabu, 21 September 2022, dengan pembacaan surat dakwaan oleh jaksa penuntut umum (JPU).
 

Baca: Terdakwa Tunggal Pelanggaran HAM Berat Paniai Dituntut 10 Tahun Penjara


Pada Senin, 14 NOvember 2022, JPU membacakan tuntutan terhadap Isak, yaitu pidana 10 tahun penjara. Menurut JPU, mantan Perwira Penghubung (Pabung) Kodim 1705/Paniai itu terbukti secara hukum melakukan tindak pidana pelanggaran HAM berat terhadap kemanusiaan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Perbuatan yang menyebabkan empat warga sipil meninggal dunia dan 10 lainnya luka-luka pada 7-8 Desember 2014 itu dinilai JPU memenuhi ketentuan Pasal 42 Ayat (1) huruf a dan huruf b jo Pasal 7 Huruf b, Pasal 9 huruf a, Pasal 37 Undang-Undang Nomor 26/2000 tentang Pengadilan HAM.
 
Putusan terhadap Isak akan dibacakan oleh majelis hakim yang dipimpin Sutisna Sawati bersama Abdul Rahman Karim, Siti Noor Laila, Robert Pasaribu, dan Sofi Rahma Dewi selaku hakim anggota.
 
(AGA)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif