Terpidana kasus korupsi Setya Novanto. Foto: MI/Susanto
Terpidana kasus korupsi Setya Novanto. Foto: MI/Susanto

KPK Kembali Pantau Kelanjutan TPPU Setnov di Bareskrim

Candra Yuri Nuralam • 14 Agustus 2022 08:35
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali memantau kelanjutan pengusutan dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU) yang menjerat mantan Ketua DPR Setya Novanto (Setnov). Kasus itu ditangani oleh Bareskrim Polri.
 
"Sejauh mana ini koordinasinya dengan apa, dan apakah jika memang seperti jalan di tempat dan seperti apa," kata Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango dalam telekonferensi yang dikutip pada Minggu, 14 Agustus 2022.
 
Nawawi mengatakan pihaknya punya kewenangan untuk memantau kasus itu. KPK juga punya kewenangan membantu atau mengambil perkara itu dari Bareskrim jika jalan di tempat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Perlu tidaknya kita mengambil alih, karena memang tindak pidana korupsi yang pertama itu ditangani oleh KPK," ujar Nawawi.
 

Baca juga: KPK Selamatkan Uang Negara Mencapai Rp26,16 Triliun


Nawawi juga meminta divisi koordinasi supervisi KPK untuk segera memantau kelanjutan pengusutan dugaan pencucian uang Setnov di Bareskrim itu. Dia berharap pihaknya mendapatkan jawaban perkembangan kasus dalam waktu depan.
 
Sebelumnya, KPK menyebut Bareskrim Mabes Polri tidak bisa menangani kasus dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU) yang dilakukan mantan Ketua DPR Setya Novanto (Setnov) jika menyangkut kasus rasuah. Pengusutan kasus itu ranahnya KPK kalau berkaitan dengan dugaan korupsi KTP-el.
 
"Kalau predikat crime-nya korupsi kan KPK yang menangani," kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata di Jakarta, Sabtu, 12 Maret 2022.
 
Alex mengatakan KPK telah mengirim orang ke Bareskrim Mabes Polri untuk membahas penanganan kasus itu. Dari koordinasi tersebut, KPK mendapatkan informasi bahwa dugaan TPPU Setnov ditangani oleh Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Tertentu Bareskrim Mabes Polri.
 
(END)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif