Ilustrasi--Tahanan Polda metro Jaya mengantre untuk menggunakan hak pilih. (Foto: Medcom.id/Siti Yona Hukmana)
Ilustrasi--Tahanan Polda metro Jaya mengantre untuk menggunakan hak pilih. (Foto: Medcom.id/Siti Yona Hukmana)

Seluruh Tahanan Polda Metro Jaya Dilarang Dibesuk

Nasional kasus makar pemilu serentak 2019
Siti Yona Hukmana • 23 Mei 2019 09:58
Jakarta: Direktur Tahanan dan Barang Bukti (Dir Tahti) Polda Metro Jaya AKBP Barnabas mengatakan seluruh tahanan dilarang dibesuk untuk sementara waktu.
 
"Memang untuk sementara tidak ada besukan, karena situasi tidak memungkinkan," kata Barnabas kepada Medcom.id di Jakarta, Kamis, 23 Mei 2019.
 
Pemberlakuan status siaga 1 untuk wilayah DKI Jakarta menjadi salah satu alasannya. Keluarga meupun kuasa hukum akan diizinkan kembali membesuk tahanan setelah situasi dinyatakan aman.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Nanti lihat perkembangan situasi keamanan dulu. Tapi, untuk sementara sampai 25 Mei 2019 kita tutup dulu pelayanan besuk," ujar Barnabas.
 
Sebelumnya, polisi tak mengizinkan kuasa hukum tersangka kasus makar Eggi Sudjana membesuk kliennya. Polisi tak mengizinkan lantaran situasi tengah memanas akibat aksi massa penolak hasil pemilu.
 
Baca juga: Kuasa Hukum Tak Diizinkan Besuk Eggi Sudjana
 
"Katanya siaga 1, jadi sementara sampai Sabtu, 25 Mei 2019, belum boleh menjenguk," kata Kuasa Hukum Azham Khan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu, 22 Mei 2019.
 
Surat telegram terkait siaga 1 di Ibu Kota dikeluarkan Kapolri Jenderal dengan nomor 281/V/OPS.1.1.1/2019. Surat itu di tandatangani Asisten Kapolri bidang Operasi Inspekatur Jenderal Martuani Sormin yang diedarkan pada Senin, 20 Mei 2019.
 
Surat itu merujuk pada Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu dan rencana operasi Mantap Brata 2018. Selain itu, status siaga 1 ini juga hasil rapat koordinasi Kapolri dan perkembangan situasi.
 
Status siaga I adalah situasi di mana kepolisian menugaskan 2/3 kekuatannya untuk meningkatkan kewaspadaan. Polri menetapkan status siaga I selama lima hari mulai dari 21 Mei hingga 25 Mei 2019.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif