Suasana lingkungan dalam Lembaga Pemasyarakatan Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat. Foto: MI/Susanto.
Suasana lingkungan dalam Lembaga Pemasyarakatan Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat. Foto: MI/Susanto.

Dirjenpas Didesak Mundur

Nasional setya novanto
Antara • 17 Juni 2019 09:34
Jakarta: Indonesia Corruption Watch (ICW) mendesak Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjenpas) Sri Puguh Budi Utami mengundurkan diri dari jabatannya. Pelesiran terpidana korupsi megaproyek KTP-E, Setya Novanto, dinilai sebagai persoalan serius dalam pengelolaan dan pengawasan lembaga pemasyarakatan (LP) di Indonesia.
 
"Sebaiknya Menkum dan HAM (Yasonna Laoly) mengevaluasi kinerja Dirjen PAS, bahkan dorongan utamanya lebih baik Bu Sri Puguh mengundurkan diri," kata Koordinator Divisi Hukum dan Monitor Peradilan ICW Kurnia Ramadhana, kepada Media Indonesia, Minggu, 17 Juni 2019.
 
ICW berpendirian Kemenkum dan HAM tidak boleh menganggap persoalan ini sebagai angin lalu. Pasalnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) juga pernah menjalankan operasi tangkap tangan (OTT) di LP Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat, tempat pasien KPK menjalankan masa hukuman.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“OTT itu melibatkan Ketua LP Wahid Husen dan pengusaha Fahmi Darmawansyah yang merupakan penghuni LP Sukamiskin. Dengan kejadian ini, publik bertanya sejauh mana pemerintah memberikan efek jera terhadap pelaku korupsi," lanjut Kurnia.
 
Jumat, 15 Juni 2019, Setnov tertangkap pelesiran bersama perempuan yang diduga istrinya, Deisty Tagor, ke toko bahan bangunan di bilangan Padalarang, Bandung. Sebelumnya, Setnov minta izin kepada pengawal naik ke lantai 3 RS Santosa, Bandung, untuk membayar tagihan.
 
Selain itu, Presiden juga dirasa perlu mengevaluasi kinerja Menkum dan HAM. Pengelolaan LP menjadi salah satu tolok ukur komitmen pemberantasan korupsi pemerintah," ujar Kurnia.
 
Kejadian terpidana korupsi kelas kakap pelesiran keluar LP seakan telah menjadi hal lumrah yang dilakukan elite koruptor. Selain Setnov, ada beberapa terpidana korupsi lain pernah melakukan hal tidak terpuji tersebut. Mereka di antaranya mantan Wali Kota Palembang Romi Herton, yang tepergok mendatangi rumah istri mudanya di Jalan Kuningan Raya No 101, Kelurahan Antapani Tengah, Bandung.
 
Baca: KPK Ultimatum Ditjenpas Soal Pengelolaan Lapas
 
Terpidana korupsi sistem komunikasi radio terpadu di Kementerian Kehutanan, Anggoro Widjojo, juga empat kali berkunjung ke Apartemen Gateway, Bandung, yang hanya 3,5 kilometer dari LP Sukamiskin. Selanjutnya, terpidana korupsi kasus impor daging sapi, Luthfi Hasan Ishaaq, juga ketahuan pernah mengunjungi rumahnya di Kompleks Panorama Alam Parahyangan, Bandung.
 
Hasil asesmen
 
Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkum dan HAM Jawa Barat, Abdul Aris, mengungkapkan terpidana korupsi Setnov selanjutnya dipindahkan ke ruang observasi Rutan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor. Menurut Aris, pemindahan Setnov ke LP Gunung Sindur ditentukan dari hasil evaluasi selama masa penahanan sementara.
 
"Jadi, sementara di Gunung Sindur, kemarin, Jumat. Dia ditempatkan di blok observasi. Tadi sudah diasesmen dari pukul 09.00 hingga 14.00 WIB. Tetapi yang bersangkutan mengeluh sakit. Kami lihat perkembangan besok (hari ini). Dia ngedrop banget. Saya bilang, ya itu akibat perbuatan bapak sendiri. Di Gunung Sindur, ya kaget, tempatnya kan beda," jelas Aris.

 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif