ilustrasi/medcom.id
ilustrasi/medcom.id

Menyalahgunakan Jabatan, 3 Pamen TNI Dihukum

Nasional tni pungutan liar Hukum Pungli
Siti Yona Hukmana • 24 Agustus 2021 10:48
Jakarta: Sebanyak tiga perwira menengah (pamen) kesatuan Rindam Jaya/Jayakarta dijatuhi hukuman disiplin. Mereka dihukum karena diduga menyalahgunakan jabatan dan wewenang. 
 
"Sehingga atas hasil pemeriksaan yang diperoleh tersebut, maka Pangdam Jaya sebagai Papera/Ankum Atasan mengambil keputusan menjatuhkan sanksi hukuman disiplin terhadap ketiga pamen tersebut," kata Kapendam Jaya Kolonel Arh Herwin BS dalam keterangan tertulis, Selasa, 24 Agustus 2021. 
 
Ketiga pamen masing-masing berpangkat Kolonel, Letkol, dan Mayor. Mereka menjalani Sidang Penjatuhan Hukuman Disiplin pada Senin, 23 Agustus 2021. Sebelumnya, mereka telah menjalani pemeriksaan intensif di Kodam Jaya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Adapun sanksi yang dijatuhkan terhadap ketiga pamen tersebut bervariasi, sesuai bentuk kesalahan yang telah dilakukannya, baik dalam bentuk penahan ringan maupun teguran," ujar Herwin. 
 
Ketiga pamen itu diduga memungut uang dan memotong hak para siswa di Lingkungan Lembaga Pendidikan TNI AD. Namun, tidak disebutkan jumlah pungutan liar tersebut. 
 
Baca: Viral TNI dan Warga di Buleleng Baku Hantam, Kodim: Warga Pukul Duluan
 
Herwin mengatakan Kesatuan Rindam Jaya memiliki tugas pokok sebagai penyelenggara Pendidikan di lingkungan Kodam Jaya. Dalam pelaksanaannya, kata Herwin, berkaitan erat dengan anggaran operasional pendidikan termasuk anggaran yang merupakan hak bagi setiap peserta didik atau siswa. 
 
Herwin menegaskan Kodam Jaya berkomitmen mengawal kebijakan pimpinan TNI Angkatan Darat (AD) dengam baik. Salah satunya, menyelenggarakan operasional pendidikan.
 
"Kegiatan itu harus bersih dari segala pungutan liar serta pemotongan-pemotongan hak siswa yang dipandang tidak perlu. Sehingga, dapat terhindar dari yang merugikan dan mencederai nama baik lembaga pendidikan," tuturnya.
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif