KPK tertibkan aset di Kabupaten (Pemkab) Seram Bagian Barat, Maluku. (Medcom.id/Candra)
KPK tertibkan aset di Kabupaten (Pemkab) Seram Bagian Barat, Maluku. (Medcom.id/Candra)

KPK Tertibkan Aset Pemkab Seram Bagian Barat Senilai Rp1 Triliun

Nasional KPK Pemberantasan Korupsi aset negara Aset Daerah
Candra Yuri Nuralam • 20 April 2022 08:15
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membantu menertibkan aset milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seram Bagian Barat, Maluku. Aset yang ditertibkan senilai Rp1 triliun.
 
"Aset-aset tersebut di antaranya berupa tanah, bangunan, rumah, dan kantor dengan nilai sekurangnya mencapai Rp1 triliun," kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara bidang pencegahan KPK Ipi Maryati melalui keterangan tertulis, Rabu, 20 April 2022.
 
Ipi mengatakan penertiban aset ini dilakukan dengan pemasangan papan peringatan. Setidaknya, ada 30 titik aset milik Pemda Seram Bagian Barat dipasangi papan peringatan itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bantuan penertiban aset ini merupakan bagian dari pencegahan korupsi. Pengelolaan aset yang kurang baik diyakini bisa membuka celah rasuah yang bisa merugikan daerah.
 
Baca: Pemerintah Sertifikasi 64.050 Bidang Tanah demi Amankan BMN
 
"Barang milik daerah sebagai aset daerah merupakan kekayaan negara, sehingga perlu dikelola secara baik. Aset-aset milik pemda harus diadministrasikan dengan tertib, sehingga selanjutnya dapat dikelola dan dimanfaatkan untuk memberikan pemasukan bagi kas daerah," ujar Ipi.
 
Penertiban aset ini juga penting untuk mencegah adanya pihak lain yang mengambil keuntungan dengan memanfaatkan aset daerah. Pemerintah daerah diminta mengelola asetnya dengan baik untuk mencegah adanya kerugian.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif