Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo/Media Indonesia/Susanto.
Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo/Media Indonesia/Susanto.

Edhy Prabowo Setor Uang Pengganti, KPK: Timbulkan Efek Jera

Candra Yuri Nuralam • 10 April 2022 07:09
Jakarta: Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo membayar uang pengganti Rp72 miliar dan USD2.700. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebut pembayaran uang itu bisa menimbulkan efek jera.
 
"KPK terus mengedepankan pemidanaan perampasan hasil korupsi sebagai bagian efek jera dan kemudian dilakukan penyetoran hasil rampasan perkara tindak pidana korupsi maupun TPPU yang ditangani KPK dimaksud ke kas negara," kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri melalui keterangan tertulis, Sabtu, 9 April 2022.
 
Uang pengganti itu digunakan memulihkan kerugian negara dari kasus suap ekspor benih lobster yang dilakukan Edhy. Uang itu disetorkan ke kas negara oleh Jaksa Eksekutor KPK Hendra Apriansyah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Edhy Prabowo Dijebloskan ke Lapas Klas I Tangerang
 
"Uang yang disetorkan tersebut sebesar Rp72 Miliar dan USD2.700 yang berdasarkan tuntutan jaksa KPK dan putusan pengadilan dinyatakan dirampas untuk negara," ujar Ali.
 
KPK mengeksekusi mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo. Terpidana kasus suap ekspor benih lobster itu dijebloskan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) klas I Tangerang.
 
"Untuk menjalani pidana penjara selama lima tahun dikurangi dengan masa penahanan sejak di tahap penyidikan," kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri melalui keterangan tertulis, Rabu, 6 April 2022.
 
Eksekusi ini merupakan perintah dari putusan Pengadilan Tipikor pada PN Jakarta Pusat Nomor: 26/Pid.Sus-TPK/2021/PN. Jkt. Pst tertanggal 15 Juli 2021 Jo Putusan Pengadilan Tipikor pada PT DKI Jakarta Nomor: 30/Pid.Sus-TPK/2021/PT. DKI tanggal 1 November 2021 Jo Putusan MA Nomor: 942K/Pid.Sus/2022 tertanggal 7 Maret 2022.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif