Hadi Pranoto, peneliti asal Indonesia yang membuat obat herbal yang diklaim meningkatkan antibodi melawan covid-19. Lampost.co/Andi Apriyadi
Hadi Pranoto, peneliti asal Indonesia yang membuat obat herbal yang diklaim meningkatkan antibodi melawan covid-19. Lampost.co/Andi Apriyadi

Hadi Pranoto Diperiksa Pekan Depan

Nasional Virus Korona hoax Hadi Pranoto
Zaenal Arifin • 21 Agustus 2020 18:28
Jakarta: Penyidik Subdit Siber Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya, menjadwalkan kembali pemeriksaan Hadi Pranoto. Pemeriksaan terkait dugaan berita bohong (hoaks) obat virus korona (covid-19) dijadwalkan ulang lantaran Hadi sakit.
 
"Dijadwalkan tanggal 24 (Agustus) diperiksa," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus, kepada wartawan di Jakarta, Jumat, 21 Agustus 2020.
 
Pemeriksaan Hadi Pranoto sebelumnya dijadwalkan pada Kamis, 13 Agustus 2020. Namun hal itu urung dilakukan karena Hadi Pranoto beralasan sakit.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam perkara ini, penyidik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya berencana memeriksa saksi ahli dari Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN). Ahli akan mendalami isi wawancara Anji dengan Hadi Pranoto mengenai obat herbal yang diklaim menyembuhkan pasien covid-19.
 
Baca:Hadi Pranoto Batal Diperiksa karena Sakit
 
Selain memeriksa saksi ahli dari Kemenristek/BRIN, penyidik juga telah mengagendakan pemeriksaan terhadap saksi ahli kedokteran dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Penyidik telah memeriksa tujuh orang saksi berkaitan dengan dugaan kasus penyebaran berita bohong atau hoaks tersebut.
 
Beberapa saksi yang diperiksa di antaranya merupakan ahli sosiologi hukum hingga informasi dan teknologi atau IT.
 
"Ada tiga saksi ahli sudah dilakukan pemeriksaan, pertama adalah saksi ahli sosiologi hukum, saksi ahli dibidang IT hukum dan saksi ahli pidana," kata Yusri.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif