Irwandi Yusuf dan Proposal Istri Muda

Dero Iqbal Mahendra 18 Oktober 2018 08:56 WIB
OTT Gubernur Aceh
Irwandi Yusuf dan Proposal Istri Muda
Model dan desainer Fenny Steffy Burase menjawab pertanyaan wartawan seusai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta. Foto: MI/Rommy Pujianto.
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membeberkan pernikahan antara Gubernur nonaktif Aceh, Irwandi Yusuf, dan Fenny Steffy Burase. Hal itu diungkap dalam sidang praperadilan di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Selasa, 16 Oktober 2018.

Awalnya, Irwandi melalui kuasa hukumnya, Santrawan T Paparang dan Haposan P Batubara, mempermasalahkan penangkapan, penetapan tersangka, dan penahanan KPK. Irwandi pun menguraikan perkenalannya dengan Steffy ketika menghadiri Moskow Festival di Rusia pada Juli 2017. 

"Steffy mengatakan kepada pemohon (Irwandi), baru saja keliling Eropa mempromosikan kain tenun Indonesia. Kemudian, pemohon meminta Steffy berkunjung ke Aceh untuk mempromosikan Aceh kepada dunia internasional," tertulis dalam dokumen permohonan praperadilan Irwandi.


Permintaan Irwandi itu ditindaklanjuti Steffy dengan usulan penyelenggaraan Aceh Marathon. Steffy menyusun rencana anggaran kegiatan itu sebesar Rp13 miliar. Berkas itu kemudian diteruskan Irwandi ke Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Aceh untuk ditindaklanjuti.

"Ada tiga sumber dana, yaitu Dispora Aceh Rp10 miliar, Badan Pengelola Kawasan Sabang (BPKS) Rp2,7 miliar, dan Dispora Sabang Rp300 juta."

Irwandi menyebut Steffy pernah berkomunikasi langsung dengan Syaiful Bahri, pengusaha di Aceh, untuk meminta Rp39 juta. Uang itu dikirim ke rekening Irwandi tanpa sepengetahuannya.

Argumen Irwandi dibantah tim biro hukum KPK. Menurut KPK, dalil yang disampaikan Irwandi sudah masuk ke pokok perkara sehingga harus dikesampingkan karena praperadilan tidak menguji pembuktian pokok perkara.

Tim biro hukum KPK lantas membeberkan data dari pengakuan dua saksi berinisial F dan J mengenai pernikahan siri antara Irwandi dan Steffy. "Saksi J mengetahui hal itu karena menghadiri acara akad nikah dan syukuran di salah satu apartemen di daerah Kebon Kacang, Jakarta Pusat," ungkap biro hukum KPK.

Baca: Gubernur Aceh Batal Jalani Pemeriksaan

Selain itu, KPK juga membeberkan isi pesan singkat dari Steffy ke istri Irwandi, Darwati A Gani. Melalui aplikasi Whatsapp (WA) itu, Steffy menanyakan izin Darwati pada Irwandi soal menikah lagi. 

Meski demikian, Irwandi dan Steffy kompak membantah keterangan yang dilontarkan pihak KPK terebut. Keduanya mengaku hanya memiliki hubungan sebagai sahabat, tidak lebih dari itu.





(OGI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id