Petugas menggiring pelaku prostitusi online yang ditangkap di Apartemen Green Pramuka City, Jakarta Pusat. Medcom.id/Christian
Petugas menggiring pelaku prostitusi online yang ditangkap di Apartemen Green Pramuka City, Jakarta Pusat. Medcom.id/Christian

Prostitusi Online di Apartemen Kawasan Cempaka Putih Terbongkar

Nasional prostitusi online
Christian • 12 Januari 2021 00:18
Jakarta: Reskrim Polsek Cempaka Putih membongkar kasus prostitusi online melalui aplikasi MiChat di Apartemen Green Pramuka City, Jakarta Pusat. Petugas menangkap SDQ, 23, GP, 24, dan SE, 16.
 
Kasat Reskrim Polsek Cempaka Putih, AKBP Burhanuddin, menyebut pengungkapan kasus berawal adanya laporan dari orang tua AD, 13, yang berhasil melarikan diri. AD dipaksa pelaku melakukan hubungan intim.
 
"Itu pelaku sempat dijanjikan pekerjaan kepada korban. Karena tergiur akhirnya korban menuruti kemauan pelaku," ucap Burhanuddin saat diwawancarai di Polsek Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Senin, 11 Januari 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jajaran kepolisian memburu sejumlah pelaku yang masuk dalam daftar pencarian orang (DPO).  Di antaranya, AM, MTW, FR, RND, dan SRL. Berdasarkan keterangan pelaku mereka memasang tarif Rp200 ribu sekali kencan. Korban diberi Rp150 ribu dan pelaku mengambil 'biaya administrasi' Rp50 ribu.
 
Baca: Pemkot Pontianak Sidak Sejumlah Hotel Antisipasi Prostitusi Anak
 
Ketiganya dijerat Pasal 76i Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas UU Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, Pasal 296 KUHP, dan Pasal 506 KUHP. Ketiganya terancam dipenjara paling lama 10 tahun.
 
Polsek Cempaka Putih juga menangkap 47 orang lainnya dari hasil operasi yustisi. Puluhan orang tersebut diamankan karena terkait prostitusi online melalui aplikasi MiChat di Apartemen Green Pramuka City. Mereka diamankan di beberapa unit kamar yang berbeda-beda.
 
Burhanuddin menjelaskan puluhan orang yang ditangkap tersebut tak bisa dijerat pidana. Mereka melakukan perbuatan ini tanpa perantara dengan tarif bervariasi.
 
"Kami akan serahkan ke Dinas Sosial untuk pembinaan," kata Burhanuddin.
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif