Habib Bahar bin Smith Batal Diperiksa

Kautsar Widya Prabowo 03 Desember 2018 12:16 WIB
penghinaan lambang negara
Habib Bahar bin Smith Batal Diperiksa
Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo. Foto: Medcom.id/Sunnaholomi Halakrispen
Jakarta: Kepolisian batal memeriksa Bahar bin Smith. Sedianya Bahar diperiksa terkait ujaran kebencian kepada Presiden Joko Widodo.

"Tidak jadi hari ini (pemeriksaan terhadap Bahar)," kata Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri, Kombes Syahar Diantono, Senin, 3 Desember 2018.

Syahar sudah berkomunikasi dengan Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) untuk mengetahui penyebab penundaan pemeriksaan Bahar. Ia juga akan mencari tahu kapan persisnya pemanggilan akan dilakukan.


"Nanti akan dipanggil lagi. Saya akan cek ke Bareskrim. Yang jelas, bukan hari ini," kata dia.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo, mengatakan Polri telah melayangkan surat pemanggilan terhadap Bahar pada Jumat, 30 November 2018. Surat dikirim ke alamat rumahnya. 

"Hari Jumat sudah dikirim ke alamat rumahnya. Namun, beliau di pondok pesantren," ujar Dedi.

Baca: Habib Bahar Dilaporkan ke Polda Metro

Bareskrim rencanannya memeriksa Bahar hari ini. Bahar dilaporkan oleh Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Jokowi Mania (Jo-Man) atas kasus dugaan penghinaan ke Presiden Jokowi pada Rabu, 28 November. Penghinaan diduga dilakukan saat Bahar berceramah pada 17 November.

"Kami melaporkan Bahar atas kasus ujaran kebencian melalui video ceramah pada 17 November 2018 dalam acara maulid nabi itu di Darussalam Satu Batu Ceper Tangerang,' ucap Ketua DPD Jo-Man DKI Jakarta, Rahmat, ditemui di Polda Metro Jaya, Rabu, 28 November 2018.

Dia menyebut, pada video berdurasi satu menit itu, Bahar selalu menghina dan melecehkan Jokowi. Ujaran kebencian itu dinilai sangat tidak pantas diungkapkan ke masyarakat luas.

"Dengan melihat video sudah kita dapat buktinya. Makanya kita laporkan hari ini bersama barang bukti yang ada, yakni video selama 60 detik yang kita simpan di flashdisk yang kita bawa ini," kata dia.





(UWA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id