Ketua Pansel Capim KPK Yenti Garnasih (kedua kiri) didampingi anggota menyampaikan keterangan pers terkait nama-nama yang lolos dalam seleksi calon pimpinan KPK. (Foto: MI/Susanto)
Ketua Pansel Capim KPK Yenti Garnasih (kedua kiri) didampingi anggota menyampaikan keterangan pers terkait nama-nama yang lolos dalam seleksi calon pimpinan KPK. (Foto: MI/Susanto)

Capim KPK dari Polri Dipastikan Tidak Melanggar Aturan

Nasional seleksi pimpinan kpk
Coki Lubis • 23 Juli 2019 21:37
Jakarta: Dari 104 peserta seleksi calon pimpinan (Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang lolos uji kompetensi, sembilan di antaranya adalah jenderal polisi aktif. Sementara itu, komentar negatif terkait lolosnya anggota Polri di seleksi tahap kedua itu masih terdengar.
 
Tapi, bagi pakar hukum tata negara Margarito Kamis, hal itu tidak menjadi masalah, apalagi jika dibilang melanggar aturan.
 
"Dari segi hukum pun tidak ada masalah siapapun yang jadi pimpinan KPK, baik itu kepolisian atau jaksa. Yang penting mereka punya kompetensi," tegas Margarito di Jakarta, Selasa, 23 Juli 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga: Capim KPK Tak Perlu Perwakilan dari Polri dan Jaksa
 
Lagi pula, sambungnya, jika ada anggota Polri yang lolos hingga seleksi tahap kedua tersebut, boleh dikata kompetensinya sudah teruji.
 
"Menurut saya, kalau mereka (jenderal polisi) dinyatakan lolos itu artinya dianggap bahwa mereka kompeten di bidang itu," ujar Margarito.
 
Baca juga: 9 Polisi dan 4 Jaksa Lolos Uji Kompetensi Capim KPK
 
Selanjutnya, sembilan orang jenderal polisi itu akan mengikuti seleksi tahap ketiga bersama 95 Capim KPK lainnya, yakni Psikotes pada Minggu, 28 Juli 2019 (28/7) di Pusdiklat Kementerian Sekretariat Negara, Cilandak, Jakarta Selatan.
 
Berikut profil singkat 9 jenderal Polri yang lolos ke tahap selanjutnya:
 
1. Irjen Antam Novambar
Antam Novambar merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1985. Pada 2016 Antam menjabat sebagai Wakil Kepala Badan Reserse Kriminal (Wakabareskrim) Polri. Sebelumnya, jabatan terakhir jenderal bintang dua ini adalah Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri.
 
Antam juga pernah menjadi Direktur Pencegahan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) pada 2013 dan Kepala Biro Korwas PPNS Badan Reserse Kriminal Polri pada 2015.
 
2. Irjen Dharma Pongrekun
Dharma Pongrekun adalah alumnus Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1988. Saat ini Dharma menjabat Deputi bidang Identifikasi dan Deteksi Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).
 
Sebelum menjabat di BSSN, Dharma menduduki kursi Karo Renmin Bareskrim Mabes Polri.
 
3. Brigjen M Iswandi Hari
Iswandi Hari pernah menjabat sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumatera Selatan.
 
Saat ini Iswandi menjabat Ditjen Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan dan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Kementerian Tenaga Kerja.
 
4. Brigjen Bambang Sri Herwanto
Bambang Sri Herwanto adalah lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1984.
 
Bambang pernah menajabat sebagai Kapolda Sumatera Barat. Dia juga pernah menjabat sebagai Direktur Program Pascasarjana PTIK-STIK. Saat ini bertugas sebagai Widyaiswara Madya, Sespim Lemdiklat Polri.
 
5. Brigjen Agung Makbul
Agung Makbul saat ini menjabat Kepala Biro Penyusunan dan Penyuluhan Hukum Divisi Hukum Polri. Makbul juga pernah menjadi Kapolres Wamena pada 2003.
 
6. Irjen Juansih
Irjen Juansih adalah seorang polwan lulusan Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) tahun 1989. Juansih saat ini menjabat sebagai Analisis Kebijakan Utama Polri.
 
7. Brigjen Sri Handayani
Brigadir Jenderal (Brigjen) Sri Handayani adalah lulusan Sepamilsuk Polri 1986. Saat ini Sri masih menjabat Wakil Kapolda (Wakapolda) Kalimantan Barat.
 
8. Irjen Firli Bahuri
Irjen Firli Bahuri adalah lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1990. Saat ini dia menjabat sebagai Kapolda Sumatera Selatan.
 
Sebelumnya, Firli juga pernah menjabat sebagai Deputi Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
 
9. Irjen Ike Edwin
Ike Edwin adalah lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1985. Jabatan terakhir jenderal bintang dua ini adalah Kasespimma Sespim Polri.
 
Ike pernah menjabat sebagai Kapolda Lampung pada tahun 2016 dan Dirtipidkor Bareskrim Polri (2010), Wakapolda Sulsel (2013), dan Kasespimma Sespim Polri (2016).

 

(COK)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif