Rizieq Shihab ditahan di Polda Metro Jaya. MI/Andri Widiyanto
Rizieq Shihab ditahan di Polda Metro Jaya. MI/Andri Widiyanto

Rizieq Shihab Jalani Sidang Praperadilan Perdana

Nasional praperadilan Rizieq Shihab protokol kesehatan Muhammad Rizieq Shihab
Candra Yuri Nuralam • 04 Januari 2021 06:17
Jakarta: Mantan pentolan Front Pembela Islam (FPI), Muhammad Rizieq Shihab, menjalani sidang praperadilan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada Senin, 4 Januari 2020. Praperadilan ini untuk menguji keabsahan penetapan tersangka dan penahanan Rizieq pada kasus dugaan pelanggaran protokol kesehatan.
 
"Insyallah sidang dimulai pukul 09.00 WIB," kata Pengacara Rizieq, Aziz Yanuar, kepada Medcom.id, Senin, 4 Januari 2021.
 
Rizieq tidak menghadiri sidang praperadilan itu. Hanya kuasa hukum yang mewakili Rizieq di meja hijau.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: 1.610 Personel Gabungan Jaga Sidang Perdana Praperadilan Rizieq
 
Sebelumnya, Rizieq Shihab melalui kuasa hukumnya mengajukan gugatan praperadilan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Praperadilan terkait penahanan Rizieq serta penetapan tersangka terhadap lima anggota FPI yang terjerat kasus pelanggaran protokol kesehatan.
 
Permohonan itu terdaftar dengan nomor register 150/Pid.Pra/2020/PN.Jkt.Sel. Salah satu tergugat dalam permohonan itu, yakni Kapolda Metro Jaya, Irjen Fadil Imran.
 
Polisi memperketat pengamanan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada Senin, 4 Januari 2020. Muhammad Rizieq Shihab menjalani sidang pertama praperadilan penetapan tersangka dan penahanan terkait kasus pelanggaran protokol kesehatan di sana.
 
"Sebanyak 1.610 personel gabungan dari TNI, Polri dan Pemda disiagakan untuk pengamanan sidang praperadilan besok di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan," kata Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Argo Yuwono, di Jakarta, Minggu, 3 Januari 2021.
 
Argo mengatakan pengamanan akan dilakukan di sekitaran gedung pengadilan. Polisi lalu lintas juga disiagakan di sekitaran lokasi untuk mengatur arus kendaraan.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif