Pengungsi gempa dan tsunami mengurus KTP-Elektronik di kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Palu. Foto: MI/Ramdani.
Pengungsi gempa dan tsunami mengurus KTP-Elektronik di kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Palu. Foto: MI/Ramdani.

Penjual Blangko KTP-el Ditangkap

Nasional e-ktp
Dian Ihsan Siregar • 11 Desember 2018 13:27
Jakarta: DID atau NID, anak mantan kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tulang Bawang, Lampung, ditangkap polisi. Dia diringkus karena menjual blangko KTP elektronik (KTP-el) secara daring.
 
"Memang dia itu mengambil blangko KTP-el tanpa izin dari orang tuanya, enggak ada pamit untuk memintanya. Jadi memang ambil sendiri,"kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono di Polda Metro Jaya, Selasa, 11 Desember 2018.
 
Menurut dia, DID dibekuk Senin, 10 Desember 2018, di Lampung. Pelaku diketahui menjual blangko KTP-el melalui situs Tokopedia. "Blangko yang dijual itu benar-benar merupakan blangko yang kosong," tukas Argo.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga: Penjual Blangko KTP-el Terancam Bui
 
Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengungkapkan bila penjual blangko KTP elektronik adalah anak dari mantan kepala Disdukcapil di Lampung. Tjahjo memastikan tak ada masalah serius akibat penjualan blangko secara ilegal tersebut.
 
"Si anak yang menjual ini mencuri blangko KTP-el ayahnya," kata Tjahjo.
 

 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif