Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan. Foto: ANT/Dhemas Reviyanto
Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan. Foto: ANT/Dhemas Reviyanto

KPK Berharap Otak Penyerangan Novel Terungkap Pascarekonstruksi

Nasional novel baswedan
Zaenal Arifin • 08 Februari 2020 06:00
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berharap rekonstruksi kasus penyiraman air keras terhadap penyidik senior Novel Baswedan menemukan titik terang. Rekonstruksi bisa mengungkap aktor utama penyerang Novel.
 
"Harapannya bisa mengembangkan lebih lanjut (kasus penyiraman), kemudian tidak berhenti pada orang-orang yang sekarang ditetapkan sebagai tersangka," ujar Pelaksana Tugas KPK Ali Fikri di Gedung Merah Putih, Jakarta, Jumat, 7 Februari 2020.
 
KPK menyerahkan seluruh penyilidikan kepada kepolisian. Lembaga antirasuah itu tidak akan mengintervensi tugas dan kewenangan polisi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


KPK Berharap Otak Penyerangan Novel Terungkap Pascarekonstruksi
Proses rekonstruksi kasus penyiraman aiar keras Novel Baswedan. Foto: Antara/Dhemas Reviyanto
 
"Dari KPK sekali lagi, tetap mendorong teman-teman penyidik di kepolisian, agar harapannya bisa mengembangkan (kasus penyiraman) lebih lanjut. Namun demikian, tentu seperti berkas rekonstruksi itu menjadi kewenangan penyidik di kepolisian," ucapnya.
 
Lembaga antirasuah itu, lanjut Ali Fikri, meminta kepolisian segera menangkap otak pelaku penyiraman. Kasus tak berhenti hanya di dua tersangka anggota polisi aktif.
 
"KPK hanya bisa mendorong penanganan perkara yang bisa segera diselesaikan secara tuntas dan sampai pada aktor intelektual di balik itu semua (penyiraman)," katanya menambahkan.
 
Seperti diketahui, rekonstruksi kasus penyiraman air keras terhadap Novel Baswedan, dilakukan penyidik dari Polda Metro Jaya pada Jumat dini hari, sekitar pukul 03.00 - 06.30 wib.
 
Rekonstruksi itu dilakukan di lokasi kejadian penyiraman Novel Baswedan, Jalan Deposito, Kelapa Gading, Jakarta Utara.
 

 

(WHS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif