Ilustrasi KPK. Medcom.id/Fachri Auhdia Hafiez
Ilustrasi KPK. Medcom.id/Fachri Auhdia Hafiez

Bupati Banjarnegara Diduga Mengarahkan Pengusaha untuk Pembagian Fee

Candra Yuri Nuralam • 28 Oktober 2021 10:08
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa ajudan Bupati Banjarnegara, Wahyudiono, pada Rabu, 27 Oktober 2021. Dia diperiksa untuk mendalami dugaan korupsi pemborongan, pengadaan, atau persewaan di Banjarnegara pada 2017 sampai 2018.
 
"Didalami pengetahuannya antara lain terkait dengan dugaan hadir langsungnya tersangka BS (Bupati nonaktif Banjarnegara Budhi Sarwono) maupun tersangka KA (orang kepercayaan Budhi, Kedy Afandy) dalam memberikan pengarahan untuk para pengusaha yang akan mengerjakan berbagai proyek di Pemkab Banjarnegara," kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK bidang penindakan Ali Fikri melalui keterangan tertulis, Kamis, 28 Oktober 2021.
 
Penyidik juga mendalami dugaan pengarahan itu ke wiraswasta, Susmono Dwi Santoso; staf keuangan PT Adi Wijaya, Febriana Eriska Putri; Direktur CV Pilar Abadhi, Prihono; dan Sekretaris Camat Kalibening, Cion Pramundita. Mereka juga diperiksa kemarin.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ali enggan memerinci arahan yang dimaksud. KPK menduga arahan itu berupa permintaan uang jatah proyek.
 
"Arahan tersebut diduga antara lain terkait adanya pembagian persentase fee untuk tersangka BS," ujar Ali.
 
Bupati nonaktif Banjarnegara Budhi Sarwono diduga menerima uang dari pekerjaan proyek infrastruktur di Kabupaten Banjarnegara. Dia diyakini telah menerima Rp2,1 miliar dari beberapa proyek. Budhi dibantu pihak swasta Kedy Afandi yang juga orang kepercayaannya.
 
Budhi dan Kedy dijerat Pasal 12 huruf (i) dan Pasal 12B Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.
 
Baca: Bupati Nonaktif Banjarnegara Diduga Ikut Campur Proses Lelang Proyek
 
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif