Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono merilis tiga pelaku pembobol sembilan ATM. Medcom.id/Siti Yona Hukmana.
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono merilis tiga pelaku pembobol sembilan ATM. Medcom.id/Siti Yona Hukmana.

Polisi Tangkap Tiga Pembobol Sembilan ATM

Nasional pencurian
Siti Yona Hukmana • 19 Juni 2019 14:53
Jakarta: Polisi menangkap tiga pembobol sembilan mesin anjungan tunai mandiri (ATM). Mereka ditangkap di dua lokasi berbeda.
 
"Pelaku ditangkap di Jalan Tegal Alur, Kalideres, Jakarta Barat dan di Jalan Raya Saleh, Cikupa, Tangerang," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono di Polda Metro Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Rabu, 19 Juni 2019.
 
Tiga pelaku itu adalah DS alias Dedi, 28; A alias Wan, 28; dan J alias Manda, 25. Polisi awalnya menangkap A di Kalideres, Jakarta Barat, Senin, 17 Juni 2019, sekitar pukul 02.00 WIB.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Setelah mengembangkan kasus itu, Polisi menangkap J di lokasi yang sama setengah jam kemudian. Polisi pun menginterogasi A dan J. Dari keterangan dua tersangka itu, Polisi mengetahui DS berada di Cikupa, Tangerang.
 
"Hari yang sama, kita ke lokasi dan menangkap DS di kediamannya, pukul 03.30 WIB," tutur Argo.
 
Baca: Brankas Dino Patti Djalal Dibobol Eks Karyawan
 
Ketiga tersangka dan barang bukti dibawa ke Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya untuk penyelidikan lebih lanjut. Sejumlah barang bukti yang diamankan di antaranya, kartu ATM BNI, BRI, dompet, KTP, topi warna hitam, pahat, handphone, SIM A dan SIM C.
 
Setelah polisi melakukan pemeriksaan, diketahui peran dari masing-masing tersangka. DS berperan melakukan transaksi penarikan uang tunai pada mesin ATM BNI dengan mencongkel dan mengganjal lubang tempat keluar uang menggunakan pahat.
 
Kemudian, tersangka A berperan ikut bersama DS untuk melakukan transaksi pada mesin ATM dengan mengambil paksa. Ia bertugas mengawasi keadaan sekitar tempat kejadian perkara (TKP).
 
Sementara tersangka J berperan sebagai penyedia kendaraan yang dinaiki para pelaku. J yang menyopiri kendaraan untuk mengantarkan DS dan A ke lokasi-lokasi ATM yang menjadi target.
 
"Ketiga pelaku merupakan orang Lampung, mereka bermufakat datang ke Jakarta untuk membobol sejumlah ATM," sebut Argo.
 
Argo menjelask pembobolan ATM dilakukan di sembilan ATM BNI, yakni di ATM BNI SPBU TB Simatupang, Tanjung Barat, Jakarta Selatan. Di ATM ini, mereka mengambil uang Rp2,5 juta.
 
Lalu di ATM BNI Mall Citos, Jakarta Selatan, pelaku mengambil uang Rp1.250.000. Di ATM BNI SPBU Lebak Bulus, Jakarta Selatan, pelaku menggasak Rp9 juta. Pelaku beranjak menuju ATM BNI SPBU RS Fatmawati, Jakarta Selatan, dan menggasak Rp2,5 juta.
 
Selanjutnya, di ATM BNI SPBU seberang RS. Fatmawati, Jakarta Selatan, mereka mengambil Rp1.250.000. Tak puas, mereka beranjak ke ATM BNI Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, dan mengambil Rp1.250.000.
 
Kemudian, di ATM BNI Klinik Apotek Lebak Bulus, Jakarta Selatan, mereka mengambil Rp250 ribu. Di ATM BNI ATM Center Hotel Kalibata, Jakarta Selatan, mengambil Rp1.250.000. Terakhir di ATM BNI Alfamart SPBU Ciganjur, Jakarta Selatan mengambil Rp1.250.000.
 
"Total semua curian Rp20.500.000," pungkas Argo.
 
Seluruh tersangka dijerat Pasal 363 KUHP dan atau Pasal 170 KUHP, dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara.
 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif