Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Kemenkumham Antisipasi Napi Kabur saat Libur Lebaran

Candra Yuri Nuralam • 13 April 2022 14:48
Jakarta: Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) mengingatkan jajaran lembaga pemasyarakatan (lapas) dan rumah tahanan (rutan) untuk tetap memasang mata selama libur lebaran. Kemenkumham tidak mau ada narapidana kabur karena pengawasan saat libur lebaran minim.
 
"Jangan sampai ada deteni, warga binaan, atau tahanan yang kabur karena memanfaatkan kelengahan petugas jaga. Para pimpinan harus pantau lokasi persiapan pengamanan di UPT (unit pelaksanaan teknis)," kata Sekretaris Jenderal Kemenkumham Andap Budhi Revianto melalui keterangan tertulis, Rabu, 13 April 2022.
 
Petugas penjaga lapas dan rutan diminta tidak mengabaikan kewajiban selama masa libur. Pelayanan harus tetap dinomorsatukan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya perintahkan seluruh jajaran Kemenkumham jangan sampai abai dalam masa libur dan cuti bersama selama lebaran ini. Ingat, ada kewajiban pelayanan publik yang tetap harus dilaksanakan dalam masa-masa tersebut," ujar Andap.
 
Baca: Napi Kasus Narkoba Kabur dari Lapas Pangkal Pinang
 
Pengamanan untuk kejadian darurat juga diminta tidak diabaikan. Kemenkumham tidak mau kerusuhan terjadi karena minimnya penjagaan saat libur lebaran.
 
Pemeriksaan barang yang dibawa keluarga saat lebaran juga diminta ditingkatkan. Hal ini untuk mencegah adanya barang terlarang masuk ke lingkungan rutan dan lapas.
 
"Saat libur dan cuti bersama, tingkatkan kewaspadaan dan piket jaga. Kenapa? Karena pada masa tersebut akan banyak pengunjung datang. Hati-hati, jangan lengah. Periksa ketat semua barang bawaan untuk mencegah penyelundupan barang terlarang," tutur Andap.
 
Pengamanan lapas dan rutan juga tetap menjaga protokol kesehatan selama libur lebaran. Kemenkumham tidak mau covid-19 masuk ke lapas maupun rutan karena protokol kesehatan penjagaan melemah.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif