Ketua KPK Firli Bahuri. Branda Antara.
Ketua KPK Firli Bahuri. Branda Antara.

KPK Ungkap Lukas Enembe Pernah Dirawat di RSPAD

Antara • 08 Desember 2022 06:22
Jakarta: Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mengungkap riwayat pemeriksaan kesehatan Gubernur Papua Lukas Enembe. Firli menyebut lembaganya telah mendapatkan data kalau Lukas Enembe pernah dirawat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta.
 
"Kami sudah dapat data bahwa Pak Lukas Enembe pernah dirawat di RSPAD," kata Firli saat jumpa pers di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Kamis dini hari, 8 Desember 2022.
 
Firli merespons soal adanya permintaan dari kuasa hukum Lukas Enembe agar kliennya diizinkan berobat ke Singapura karena kondisi kesehatannya yang semakin memburuk. Atas adanya data tersebut, KPK menilai Lukas Enembe dapat berobat di dalam negeri dan alternatif pengobatan pertama dapat dilakukan di RSPAD.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sehingga alternatif pertama adalah kami akan pengobatan di RSPAD. Kalau pun harus pengobatan luar negeri maka harus dirujuk oleh RSCM ataupun RSPAD dan didampingi oleh dokter, termasuk juga didampingi oleh penyidik KPK," ungkap Firli.
 

Baca: KPK Buka Peluang Jerat Lukas Enembe dengan Pasal Pencucian Uang


KPK telah menemui Lukas Enembe di kediamannya di Kota Jayapura, Papua, untuk mengecek kondisi kesehatannya, Kamis, 3 November 2022. Saat itu, tim yang terdiri atas dokter KPK dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menemui Lukas Enembe.
 
Tim kuasa hukum Lukas Enembe mengirimkan surat ke KPK terkait permintaan kliennya agar diizinkan berobat ke Singapura lantaran kondisi kesehatannya semakin memburuk, Senin, 28 November 2022.
 
KPK telah menetapkan Lukas Enembe dan kawan-kawan sebagai tersangka kasus dugaan suap dan gratifikasi proyek infrastruktur di Provinsi Papua. Terkait konstruksi perkara, pihak yang ditetapkan sebagai tersangka serta pasal yang disangkakan akan dipublikasikan saat dilakukan upaya paksa, baik penangkapan maupun penahanan terhadap para tersangka.
 
(AGA)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif