MK Minta Gugatan UU Pemilu Direvisi
lustrasi--Gedung MK--Medcom.id/Meilikhah.
Jakarta: Mahkamah Konstitusi (MK) meminta permohonan gugatan terkait pembatasan dana kampanye pemilu milik pelapor bernama Dorel Amir direvisi. Sejumlah poin gugatan diminta diperjelas.

"Yang disarankan (MK) adalah dielaborasi antara batasan kemudian pencatatan. Jadi dielaborasi apa kaitannya dan kemudian yang terakhir itu keterkaitan jumlah (dana kampanye) dengan kerugian bagi masyarakat," kata Dorel di Gedung MK, Kamis, 6 September 2018.

Dorel memastikan draf permohonan segera diperbaiki. Ia tetap berpendapat Pasal 326 Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu harus tetap diuji. "Nanti kan kita akan sempurnakan dan menurut kita ini persoalan yang krusial," imbuh dia.


Dorel mengklaim tak ditunggangi pihak mana pun dalam upayanya mengajukan uji materi pasal tersebut. Ia menyebut uji materi mutlak bertujuan menciptakan pemilu yang jujur dan adil.  

"Bukan kita pro Pak Jokowi (Joko Widodo), bukan kita pro Pak Prabowo (Prabowo Subianto). Supaya ini diatur karena banyak pihak yang lebih terkonsentrasi ke soal-soal ganti presiden, itu kan enggak produktif," ujarnya.

Baca: MK Gelar Sidang Uji Materi UU Pemilu






(AGA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id