MK Gelar Sidang Uji Materi UU Pemilu

Sunnaholomi Halakrispen 06 September 2018 12:26 WIB
revisi uu pemilu
MK Gelar Sidang Uji Materi UU Pemilu
Ilustrasi--Gedung MK--Medcom.id/Meilikhah.
Jakarta: Mahkamah Konstitusi (MK) menggelar sidang uji materi Pasal 326 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (UU Pemilu). Dorel Almir selaku pemohon mengatakan pengujian tersebut terkait dana kampanye calon peserta pemilu.

"Pembatasan (dana kampanye) dari pasangan calon ya," ujar Dorel di Gedung Mahkamah Konstitusi, Kamis, 6 September 2018.

Permohonan uji materi dilakukan lantaran dalam UU Pemilu dijelaskan bahwa dana kampanye dari perorangan dari sumbangan yang sah menurut hukum. Hal tersebut diyakininya harus tetap dibatasi nilai dananya.

Kemudian, dana kampanye yang berasal dari kelompok atau perusahaan serta badan usaha nonpemerintah, harus berasal dari pihak yang sah sesuai hukum yang berlaku. Dorel menuturkan bahwa sumbangan dana tersebut pun harus dibatasi.


"Kalau perseorangan dibatasi, dari parpol dibatasi, dari lembaga nonpemerintah dari perusahaan juga dibatasi. Nah, yang persoalan adalah dari paslon itu tidak dibatasi," tuturnya.

Pengujian tersebut berdasarkan permohonan dari tiga pemohon, yakni Dorel Almir, Abda Khair Mufti, dan Muhammad Hafidz. Ketiganya berpendapat bahwa Pasal 326 UU Pemilu masih belum memiliki kekuatan hukum yang tetap, sebelum dana kampanye dari calon dibatasi Rp85 miliar dan dari kelompok atau instansi atau parpol hingga Rp850 miliar.



(YDH)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id