Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD. MI/Susanto
Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD. MI/Susanto

Mahfud: Malu Negara Dipermaikan Djoko Tjandra

Nasional kasus korupsi
Kautsar Widya Prabowo • 09 Juli 2020 07:58
Jakarta: Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD optimistis lembaga penegak hukum segera menangkap buronan korupsi hak tagih Bank Bali Djoko Soegiarto Tjandra. Djoko masuk Indonesia tanpa terdeteksi.
 
"Malu negara ini kalau dipermainkan oleh Djoko Tjandra. Kepolisian kita yang hebat masa enggak bisa nangkap, Kejagung yang hebat seperti itu masa enggak bisa nangkap," ujar Mahfud di kantornya, Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu, 8 Juli 2020.
 
Mahfud menyebut kasus Djoko Tjandra merupakan persoalan sepele. Kejaksaan Agung dan Kepolisian harusnya mudah menangkap buronan kelas kakap itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalau bagi Polisi dan Kejagung kalau mau menangkap orang yang begitu, gampang ngendusnya gitu. Sehingga kalau enggak bisa keterlaluan lah," kata dia.
 
(Baca: Politikus PAN Sebut Negara Kalah Dengan Djoko Tjandra)
 
Mahfud memastikan Kejaksaan Agung dan Kepolisian bertekad bekerja keras menangkap Djoko Tjandra. Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) juga akan berkontribusi.
 
"Di Istana, Kantor Staf Presiden (KSP) kalau perlu instrumen-istumen administrasi yang diperlukan dari pemerintah," tutur dia.
 
Ia menekankan seluruh institusi yang terkait akan bekerja sama mencari dan menangkap Djoko Tjandra. Cepat atau lambat Djoko akan ditangkap.
 
"Baik secara bersama-sama maupun menurut kewenangannya masing-masing, siapa yang menangkap duluan," kata dia.
 
Mahfud menggelar rapat bersama sejumlah pihak terkait pencarian Djoko Tjandra. Pertemuan dihadiri Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh; Dirjen Imigrasi Kemenkumham, Jhoni Ginting; Wakil Jaksa Agung, Setia Untung Arimuladi; Kabareskrim, Irjen Listyo Sigit; dan Deputi V KSP, Jaleswari Pramodhawardani.
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif