Menko Polhukam Mahfud MD (kiri) dan Ketua KPK Firli Bahuri usai pengambilan dokumen BLBI. Medcom.id/Candra Yuri Nuralam
Menko Polhukam Mahfud MD (kiri) dan Ketua KPK Firli Bahuri usai pengambilan dokumen BLBI. Medcom.id/Candra Yuri Nuralam

Pemerintah Segera Eksekusi Aset BLBI

Nasional KPK mahfud md kasus korupsi Kasus BLBI BLBI
Candra Yuri Nuralam • 29 April 2021 11:22
Jakarta: Pemerintah siap mengeksekusi aset yang dijaminkan dalam kasus Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI). Eksekusi ini segera dilakukan setelah pemerintah menyatakan BLBI masuk ke ranah perdata.
 
"Barang jaminannya sudah ada sekarang karena sudah selesai (kasus pidananya)," kata Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Kemanan (Menko Polhukam) Mahfud MD di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Kamis, 29 April 2021.
 
Menurut Mahfud, pemerintah tidak pernah menyentuh aset jaminan itu lantaran masih beperkara di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Aset itu bahkan mandek karena penanganan kasus BLBI di KPK tidak rampung.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mahfud tidak bisa memerinci keseluruhan aset dalam kasus itu. Namun, kata dia, pemerintah saat ini sudah mulai memilah aset tersebut.
 
"Kita klasifikasi mana yang bisa dieksekusi sekarang, mana yang bisa ditagih dalam bentuk tunai dan sebagainya," ujar Mahfud.
 
Baca: KPK Diminta Tegas Jika Ada Korupsi dalam Penagihan Utang BLBI
 
Mahfud berharap eksekusi itu bisa mengembalikan duit negara yang menjadi utang di kasus BLBI. Masalah utang ini diharap segera kelar.
 
"Sekarang perkaranya (pidana) selesai kita eksekusi sekarang (asetnya), 'ini kamu punya aset sekian ini harganya berapa', mari kita eksekusi sekarang," kata Mahfud.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif