Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus. Medcom.id/Siti Yona Hukmana
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus. Medcom.id/Siti Yona Hukmana

Malam Ini, Polisi Tetapkan Tersangka Baru Kebakaran Lapas Tangerang

Nasional kebakaran penembakan polisi Kemenkumham Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Lapas Klas 1 Tangerang Terbakar
Siti Yona Hukmana • 24 September 2021 19:26
Jakarta: Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya kembali menggelar perkara kasus kebakaran Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas 1 Tangerang. Ekspose penetapan tersangka itu rencana dilakukan malam ini. 
 
"Nanti malam kita gelar perkaranya untuk bisa menentukan apakah ada tersangka lain ya, karena hasil dari laboratorium forensik (labfor) pun sudah bisa masuk," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Polres Metro Jakarta Barat, Jumat, 24 September 2021. 
 
Yusri mengatakan hari ini penyidik Ditreskrimum memeriksa lima saksi. Terdiri dari tiga tersangka petugas lapas RU, S, dan Y serta dua saksi ahli baik pidana maupun kebakaran. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini untuk menentukan Pasal 187 dan 188 KUHP (tentang kesengajaan dan kealpaan yang menimbulkan kebakaran)," ujar Yusri. 
 
RU, S, dan Y ditetapkan tersangka pada Senin, 20 September 2021. Ketiga tersangka dijerat Pasal 359 KUHP. Beleid itu menyatakan barang siapa karena kesalahannya (kealpaan) menyebabkan orang lain mati, diancam dengan pidana penjara paling lama lima tahun atau pidana kurungan paling lama satu tahun.
 
Baca: Jelang Pengumuman Tersangka Baru, Ahli Pidana dan Kebakaran Diperiksa
 
Blok C2 Lapas Klas 1 Tangerang terbakar sekitar pukul 01.45 WIB pada Rabu, 8 September 2021. Api berhasil dipadamkan pukul 03.00 WIB. Sebanyak 49 orang narapidana yang berada di blok C2 tewas. Selebihnya, mengalami luka-luka, baik berat maupun ringan.
 
Penyebab kebakaran diduga kuat karena korsleting listrik. Polisi menemukan titik api di atas plafon. Namun, pola penjalaran api yang menewaskan puluhan napi masih didalami.
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif