Terdakwa Idrus Marham - MI/Rommy Pujianto.
Terdakwa Idrus Marham - MI/Rommy Pujianto.

KPK Klarifikasi Tuduhan Pelesiran Idrus Marham

Nasional kpk ombudsman Korupsi PLTU Riau-1
Juven Martua Sitompul • 28 Juni 2019 13:12
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bakal mendatangi Ombudsman Republik Indonesia (ORI). Kedatangan KPK untuk mengklarifikasi tuduhan Ombudsman terkait pelesiran terdakwa suap proyek pembangunan PLTU Riau-I Idrus Marham.
 
"KPK hari ini akan datangi Ombudsman sebagai bentuk sikap menghargai pelaksanaan tugas Ombudsman tersebut," kata Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi KPK, Yuyuk Andriati di Gedung KPK, Jakarta, Jumat, 28 Juni 2018.
 
Untuk mematahkan tuduhan itu, tim KPK membawa sejumlah dokumen yang berkaitan dengan waktu keluar Idrus dari Rutan. Salah satunya, dokumen penetapan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dan dokumen lain terkait dengan waktu keluar Idrus dari rutan jika dbutuhkan akan disampaikan," ujarnya.
 
Yuyuk menegaskan informasi Ombudsman soal pelesiran Idrus merupakan hal keliru dan tak mendasar. Ombudsman bahkan tak mengonfirmasi kebenaran informasi tersebut kepada KPK.
 
(Baca juga:Temuan Ombudsman Soal Idrus Marham Dinilai Keliru)
 
"Di saat proses klarifikasi secara lengkap belum dilakukan, Ombudsman telah merilis temuan dan membuat kesimpulan-kesimpulan yang prematur," pungkas dia.
 
Ombudsman dalam keterangannya menyebut Idrus berkeliaran di Gedung Citadines sejak pukul 08.30 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB. Ombudsman mengklaim merekam kejadian itu pada pukul 12.39 WIB. Tak hanya itu, Ombudsman juga menyatakan bakal memeriksa penanggung jawab Rutan KPK terkait temuannya.
 
Namun, tuduhan itu dibantah KPK. Komisi menegaskan Idrus tidak berkeliaran melainkan tengah menjalankan perawatan sesuai Penetapan Hakim Pengadilan Tinggi DKI Jakarta Nomor: 260/Pen.Pid/TPK/2019/PT.DKI.
 
Penetapan tersebut mengabulkan permohonan dari tim penasihat hukum terdakwa Idrus Marham untuk melakukan pemeriksaan kesehatan di luar Rumah Tanahan Negara yaitu ke dokter spesialis gigi Rumah Sakit Metropolitan Centre (MMC) Jakarta Jumat, 21 Juni 2019.
 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif