Ilustrasi pengadilan. Medcom.id/M Rizal
Ilustrasi pengadilan. Medcom.id/M Rizal

Awasi Bareng-bareng Yuk! KY Bakal Pelototi Persidangan Ferdy Sambo

Candra Yuri Nuralam • 29 September 2022 15:21
Jakarta: Komisi Yudisial (KY) bakal memelototi perkembangan persidangan kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat (J) dengan tersangka Ferdy Sambo Cs. Pemantauan dilakukan agar integritas hakim terjaga.
 
"KY akan hadir dalam bentuk kewenangan pemantauan dalam persidangan kasus ini. Tujuannya untuk menjaga kemandirian hakim," kata juru bicara KY Miko Ginting melalui keterangan tertulis, Kamis, 29 September 2022.
 
Miko mengatakan pihaknya mempunyai hak untuk memantau persidangan. KY memiliki kewenangan menjaga hakim agar tidak melakukan pelanggaran etik selama persidangan.

Perlindungan Hakim

Selain itu, KY berhak melakukan penjagaan agar hakim tidak direndahkan kehormatannya. Perendahan kehormatan hakim yang dimaksud, yakni intimidasi sampai janji suap.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


KY juga tengah berunding untuk mempertimbangkan pemberian perlindungan untuk hakim. Salah satu perlindungan yang bisa dilakukan, yakni pemberian rumah aman.
 
"Ada wacana safe house atau temporary relocation mechanism terhadap para hakim, terutama apabila perkara ini tetap disidangkan di PN Jakarta Selatan," ujar Miko.
 
Perlindungan hakim juga bisa dilakukan dengan memindahkan lokasi persidangan atas persetujuan ketua Mahkamah Agung (MA). Pemberian rumah aman dan pemindahan lokasi persidangan masih bersifat wacana.
 
"KY akan membuka komunikasi dengan pimpinan MA. Karena MA pasti juga sedang merumuskan mitigasi risiko terhadap situasi ini. Apalagi ini bukan kali pertama MA mengelola persidangan yang sifatnya high profile," tutur Miko.
 

Baca: Putri Candrawathi Wajib Lapor Besok, Langsung Ditahan Gak Ya?


Kejaksaan Agung (Kejagung) memastikan berkas perkara dari lima tersangka kasus pembunuhan berencana Brigadir J sudah lengkap. Kelima tersangka tersebut, yakni Ferdy Sambo, Richard Eliezer atau Bharada E, Bripka Ricky Rizal, Kuat Ma'ruf, dan istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi.
 
"Hari ini kami nyatakan lengkap terkait pembunuhan berencana," kata Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum, Fadil Zumhana, di Kejaksaan Agung, Jakarta, Rabu, 28 September 2022.
 
Fadil menjelaskan awalnya penyidik Bareskrim Polri telah menyerahkan berkas perkara kelima tersangka kepada Kejagung. Namun, berkas perkara itu dikembalikan dan penyidik diminta memperbaiki sesuai petunjuk jaksa penyelidik.
 
Setelah diperbaiki, lanjut dia, Bareskrim mengirim kembali berkas perkara tersebut ke Kejagung. Jaksa kemudian memeriksa kembali kelengkapan formil dan materiil dari berkas perkara tersebut.
 
(AZF)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif