Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Kisruh Kepengurusan PT CLM Diduga Akibat Akta Bodong

Achmad Zulfikar Fazli • 19 September 2022 14:28
Jakarta: Akta kepengurusan PT Citra Lampia Mandiri (PT CLM) versi Helmut Hermawan diklaim tidak sah secara hukum. Pasalnya, Helmut disebut sudah tidak menjadi pengurus PT CLM sejak munculnya Akta Notaris No. 07 pada 13 September 2022 melalui RUPS yang digelar PT Asia Pacific Mining Resources (APMR).
 
"Selanjutnya pihak supplier, mitra usaha, dan stakeholder dapat berhubungan dengan pihaknya selaku manajemen yang sah untuk kelangsungan CLM ke depannya,” kata Direktur PT CLM, Mahar Atanta Sembiring, dalam keterangan tertulis, Minggu, 18 September 2022.
 
Mahar menyebut pihaknya menggelar RUPS perubahan pengurusan pada 13 September 2022. PT APMR selaku pemilik mayoritas sebesar 85 persen saham di PT CLM, dan Isrullah selaku penggenggam saham sisanya 15 persen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam RUPS, sejumlah nama pengurus PT CLM, yakni Irawan Sastrotanojo (Komisaris Utama), Junaidi (Komisaris), Wagiman (Komisaris), Isrullah Achmad (Komisaris). Sedangkan di jajaran direksi, Zainal Abidinsyah Siregar (Direktur Utama), Mahar Atanta Sembiring (Direktur), Ismail Achmad (Direktur) dan Dedy Basri (Direktur).
 
Dengan begitu, dia menyebut Akta CLM Nomor 09 tertanggal 14 September 2022 tidak memiliki kekuatan hukum yang mengikat terutama bagi Kementerian Hukum dan HAM RI Dirjen AHU untuk dapat diproses, bahkan untuk dapat diberikan pengakuan secara hukum. Akta itu merupakan hasil RUPS PT CLM versi Helmut.
 

Baca: PN Tangerang Gelar Sidang Praperadilan Kasus Penggunaan Dokumen Milik Orang Lain


Pemegang saham PT CLM juga tak pernah menghadiri RUPS versi Helmut. “Dibuat di hadapan Notaris Oktaviana Kusuma Anggraini S.H., M.Kn., yang telah mendapatkan SP Anggaran Dasar No. AHU- AH. 01.03-0290986 dan SP Data Perseroan No. AHU-AH.01.09-0054480 tanggal 14 September 2022 (Selanjutnya disebut Akta CLM No. 07 tanggal 13 September 2022),” tegas dia.
 
Berdasarkan salinan akta Nomor 9 pada 14 September 2022, Helmut merupakan Direktur Utama PT CLM dan Thomas Azali sebagai Komisaris Utama. Medcom.id sudah mencoba menghubungi pihak Helmut untuk mengonfirmasi permasalahan ini. Namun, belum dapat jawaban dari pihak Helmut.
 
(AZF)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif