NEWSTICKER
Rumah di Perumahan Batan Indah dipasang garis polisi. Foto: Medcom.id/Farhan Dwitama
Rumah di Perumahan Batan Indah dipasang garis polisi. Foto: Medcom.id/Farhan Dwitama

Polisi Selisik Hasil Penggeledahan Rumah di Batan Indah

Nasional nuklir batan
Kautsar Widya Prabowo • 25 Februari 2020 02:48
Jakarta: Polisi menggeledah salah satu rumah di Blok A Nomor 22 Perumahan Batan Indah, Setu, Tanggerang Selatan. Penggeledahan terkait dugaan sumber radiokatif cesium 137 yang mengontaminasi perumahan Batan Indah.
 
"Penyidik hari ini telah melakukan pengeledahan disebuah rumah milik warga di komplek Batan," kata Kabagpenum Divisi Humas Polri Kombes Asep Adi Saputra saat dikonfirmasi, Jakarta, Senin, 24 Februari 2020.
 
Polisi Selisik Hasil Penggeledahan Rumah di Batan Indah
Aktivitas clean up di Perumahan Batan Indah, Kecamatan Setu, Tangerang Selatan, Selasa 18 Februari 2020. Foto: Medcom.id/Farhan Dwitama

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Asep belum dapat memerinci barang apa saja yang dibawa aparat dari rumah tersebut. Yang jelas, ada sejumlah barang disita dari kediaman rumah milik warga bernama Suhaedi, salah satu pegawai Batan..
 
"Masih dilakukan penyelidikan mendalam terhadap hasil pengeledahan," tuturnya.
 
Satuan Gegana Kimia, Biologi, Radioaktif (KBR) Mabes Polri, Badan Tenaga Nuklir (Batan) dan Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten), mendatangi salah satu rumah di Blok A nomor 22 Perumahan Batan Indah, Setu, Tangerang Selatan, Senin, 24 Februari 2020. Rumah tersebut dihuni pasangan Suhaedi dan Sumarni, bersama tiga anaknya.
 
Baca: Sumber Cesium 137 Mulai Terang
 
Rumah itu dicurigai sebagai sumber paparan radioaktif cesium 137 yang mengontaminasi lahan kosong Perumahan Batan Indah.
 
Bapeten memastikan zat radioaktif salah satu rumah di Blok A itu ilegal. Penguasaan terhadap sumber zat radioaktif itu tidak sah.
 
"Ditemukan penguasaan terduga beberapa sumber radioaktif atau bagian dari sumber radioaktif secara tidak sah," kata Kepala Biro Hukum Humas dan Kerjasama Bapeten, Indra Gunawan.
 

(AGA)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif