Ombudsman. FOTO: dok Setkab
Ombudsman. FOTO: dok Setkab

Ombudsman Ancam Mengadu ke Jokowi Jika KPK Menolak Rekomendasi TWK

Nasional KPK ombudsman presiden joko widodo ASN Badan Kepegawaian Negara Asesmen Nasional
Candra Yuri Nuralam • 16 Agustus 2021 13:30
Jakarta: Batas waktu pelaksanaan rekomendasi Ombudsman terkait tes wawasan kebangsaan (TWK) untuk Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berakhir hari ini. Jika tidak dilaksanakan, Ombudsman bakal memberikan rekomendasi itu ke Presiden Joko Widodo (Jokowi).
 
"Dalam waktu resolusi jika laporan akhir hasil pemeriksaan (LAHP) tetap tidak dilaksanakan, baru akan diterbitkan rekomendasi Ombudsman RI ke presiden dan DPR," kata Ketua Ombudsman Mochamad Najih melalui keterangan tertulis, Senin, 16 Agustus 2021.
 
Najih mengatakan saat ini pihaknya masih menelaah penolakan KPK soal rekomendasi TWK. Namun, proses itu tidak memperpanjang tenggat waktu pelaksanaan rekomendasi Ombudsman.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ombudsman ngotot sudah memberikan rekomendasi sesuai dengan aturan. Proses lanjutan rekomendasi tetap dilakukan jika KPK menolak.
 
"Proses masih akan terus dijalankan sesuai mekanisme di Ombudsman RI," ujar Ali.
 
Baca: BKN Bantah Tak Kompeten dalam Pelaksanaan TWK
 
Di sisi lain, KPK merasa sudah benar. Lembaga Antikorupsi masih ogah mengikuti rekomendasi tersebut.
 
"KPK sudah selesai merespon laporan akhir hasil pemeriksaan (LAHP) tersebut dengan menyatakan keberatan," kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK bidang penindakan Ali Fikri kepada Medcom.id, Senin, 16 Agustus 2021.
 
Ombudsman memberikan tenggat waktu sebulan agar KPK mengikuti rekomendasinya. KPK ngotot surat keberatan itu merupakan bagian dari pelaksanaan rekomendasi Ombudsman.
 
"Keberatan ini bagian dari mekanisme sah yang diatur dan berlaku pada proses pemeriksaan oleh Ombudsman RI sendiri," ujar Ali.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif