Ilustrasi SIM/Medcom
Ilustrasi SIM/Medcom

Layanan Penerbitan SIM Tutup Selama Libur Lebaran

Siti Yona Hukmana • 07 Mei 2021 09:40
Jakarta: Layanan penerbitan surat izin mengemudi (SIM) tutup selama libur Lebaran. Keputusan tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor ST/959/V/YAN.1.1./2021 tertanggal 6 Mei 2021. 
 
"Layanan penerbitan SIM kepada masyarakat libur pada tanggal 12 Mei sampai dengan 16 Mei 2021," demikian bunyi salah satu poin dalam Surat Telegram yang dikutip Medcom.idi, Jumat, 7 Mei 2021.
 
Masyarakat yang masa berlaku SIM-nya habis pada tanggal tersebut tidak perlu khawatir. Polisi memberikan dispensasi perpanjangan masa tenggang. Masyarakat diperbolehkan melakukan perpanjangan SIM pada 17-19 Mei 2021. 
 
"Bagi pemegang SIM yang tidak melaksanakan perpanjangan pada masa tenggang waktu tersebut maka dilaksanakan dengan mekanisme penerbitan SIM baru," sebut poin berikutnya.
 
Baca: Ini Cara Perpanjangan SIM Sambil Rebahan
 
Kepala Sub Direktorat SIM Direktorat Registrasi dan Identifikasi (Ditregident) Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Kombes Jati mengatakan masyarakat bisa melakukan perpanjangan SIM melalui aplikasi SINAR atau SIM Nasional Presisi.
 
Sinar merupakan aplikasi khusus untuk mengurus SIM, baik proses pembuatan SIM baru atau perpanjangan. Pengurusan itu dapat dilakukan secara daring. 
 
Jati meyakini kehadiran aplikasi SINAR dapat mencegah terjadinya kerumunan masyarakat saat melakukan perpanjangan SIM. Pemerintah tengah berupaya mencegah kerumunan di tengah pandemi covid-19. 
 
"Ada aplikasi SINAR, ada pilihan online dan offline," kata Jati saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat, 7 Mei 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


(OJE)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif