Kabareskrim Komjen Idham Azis (tengah) saat masih menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya. Foto: Antara/Reno Esnir
Kabareskrim Komjen Idham Azis (tengah) saat masih menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya. Foto: Antara/Reno Esnir

Penunjukan Idham Azis Dibahas Sebelum Penyusunan Kabinet

Nasional polri Calon Kapolri
Juven Martua Sitompul • 30 Oktober 2019 14:09
Jakarta: Penunjukan Komjen Idham Azis sebagai calon kapolri dibahas dua hari sebelum penyusunan Kabinet Indonesia Maju. Idham dinilai layak mengemban tugas 'Tribrata Satu'.
 
“Kalau Pak Idham mungkin tidak merasakan firasat. Kalau saya sebagai sekjen partai koalisi sering masuk Istana. Anginnya mulai terasa apalagi dua hari penyusunan kabinet,” kata anggota Komisi III DPR Arsul Sani di kediaman Idham, Jalan Panglima Polim III Nomor 7A, Jakarta, Rabu, 30 Oktober 2019.
 
Arsul tak melontarkan pertanyaan saat mengunjungi kediaman Idham. Dia hanya menyinggung perbedaan suasana di kediaman Idham dengan pejabat Polri lain. Antara lain suasana di rumah dinas eks Kapolri Badrodin Haiti dan Tito Karnavian.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Apa yang membedakan hampir setiap saya berkunjung baik Pak Badrodin dan Pak Tito Karnavian, ke sana (rumah dinas) ada pengajian diisi anak yatim. Itu hal luar biasa,” ujarnya.
 
Politikus PPP itu meminta Idham tidak menghilangkan tradisi pengajian anak yatim selama menjadi kapolri. Kebiasaan ini, kata Arsul, contoh baik bagi pejabat Korps Bhayangkara lain.
 
“Mudah-mudahan anak yatim tetap berkesempatan mengaji bersama Pak Kapolri dan Bu Kapolri. Ini patut dicontoh pejabat negara,” tegasnya.
 
Rombongan Komisi III DPR mendatangi kediaman Idham di Jalan Panglima Polim III Nomor 7A, Jakarta Selatan. Kunjungan ini rangkaian uji kepatutan dan kelayakan calon kapolri yang digelar sekitar pukul 14.00 WIB.
 
Komisi bidang hukum itu melayangkan sejumlah pertanyaan seputar kehidupan keluarga Idham. Kesimpulan dari dialog itu, Komisi III puas dengan semua pernyataan yang disampaikan Idham dan istri.
 
Keluarga Idham bahkan dinilai bisa menjadi teladan bagi keluarga anggota institusi Polri lain. Tak hanya itu, Idham dan istrinya bisa menjadi orang tua bagi anggota Korps Bhayangkara.
 
v
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif