Eks Direktur Utama PT Garuda Indonesia Persero, Emirsyah Satar. MI/Susanto
Eks Direktur Utama PT Garuda Indonesia Persero, Emirsyah Satar. MI/Susanto

KPK Nilai Emirysah Satar Pantas Dipenjara 8 Tahun

Nasional kpk emirsyah satar kasus korupsi emirsyah satar tersangka
Candra Yuri Nuralam • 05 Agustus 2020 06:36
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menilai penolakan banding mantan Direktur Utama PT Garuda Indonesia Emirsyah Satar sudah tepat. Emirysah dinilai pantas dipenjara delapan tahun.
 
"Terdakwa telah diputus bersalah oleh pengadilan baik pengadilan negeri dan tinggi Jakarta," kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK Ali Fikri di Jakarta, Rabu, 5 Agustus 2020.
 
KPK mengotot Emirsyah bersalah. Seluruh bukti sudah dibeberkan oleh Lembaga Antikorupsi di dalam persidangan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jaksa penuntut umum (JPU) KPK telah menyampaikan argumentasi dan bukti-bukti yang kuat tentang keterlibatan terdakwa terkait pasal dakwaan tersebut. Demikian pula pihak terdakwa juga telah menyampaikan pembelaannya," ujar Ali.
 
Baca: Hakim Pengadilan Tinggi DKI Tolak Banding Emirsyah Satar
 
Hingga saat ini KPK masih belum menerima salinan putusan banding Emirysah. KPK juga belum menentukan langkah hukum dari putusan itu.
 
Pengadilan Tinggi DKI Jakarta menguatkan vonis Pengadilan terhadap Emirsyah Satar. Emirsyah mengajukan banding atas vonis delapan tahun penjara yang dijatuhkan pengadilan tingkat pertama.
 
"Menguatkan putusan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat tanggal 8 Mei 2020 Nomor 121/Pid.Sus-Tpk/2019/PN.Jkt.Pst yang dimintakan banding tersebut," dikutip Medcom.id dari laman Mahkamah Agung (MA), Senin, 3 Agustus 2020.
 
Baca: Emirsyah Didakwa Menerima Suap Rp46,3 Miliar
 
Putusan dibacakan pada Jumat, 17 Juli 2020. Sidang dipimpin hakim ketua Andriani dengan anggota I Nyoman Adi Juliasa, Achmad Yusak, Jeldi Ramadhan, dan Anthon R Saragih.
 
Majelis hakim menilai vonis delapan tahun penjara ditambah denda Rp1 miliar subsider tiga bulan kurungan sudah tepat. Hukuman tersebut sesuai kesalahan Emirsyah dan telah memenuhi keadilan masyarakat.
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif